Jakarta – Joko Widodo, selaku Presiden RI menyatakan bahwa pemerintah memiliki dua rencana besar untuk meningkatkan kesejahteraan prajurit TNI. Presiden Jokowi menyampaikan hal tersebut saat peringatan HUT ke-74 TNI di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (05/10/2019).

Jokowi menjanjikan bahwa kredit perumahan untuk prajurit TNI dengan jangka waktu 30 tahun. Selain itu, Jokowi menjanjikan akan meningkatkan tunjangan kinerja TNI menjadi 80% tahun depan.

“Pemerintah terus mengupayakan kredit perumahan untuk prajurit hingga jangka waktu 30 tahun dan akan meningkatkan tunjangan kinerja TNI menjadi 80 persen di tahun 2020,” kata Jokowi.

Selain itu, terdapat pula pesan yang disampaikan Jokowi kepada seluruh prajurit.

“Prajurit TNI masa depan harus mempunyai kemampuan adopsi dan adaptasi teknologi baru serta menjunjung tinggi kemandirian strategis alutsista produk dalam negeri,” ujar dia.

Selain itu, Jokowi juga meminta agar TNI meninggalkan ego sektoral. TNI harus mampu bekerja sama dengan kementerian dan lembaga.

“Kedua prajurit TNI tidak boleh lagi terjebak dalam ego matra, TNI harus mampu bersinergi dengan kementerian dan lembaga seperti Polri BNPT, BNPB dan Bakamla. Prajurit TNI wajib menjaga kemanunggulan TNI bersama rakyat, melalui operasi bakti dan program tentara manunggal membangun desa,” ujar Jokowi. (NRY-harianindo.com)