Jakarta – Darmin Nasution, selaku Menteri Koordinator Perekonomian mengungkap komitmen pemerintahan Jokowi pada pesawat R80. Darmin menyatakan bahwa salah satu program dalam PSN tersebut adalah terkait pesawat terbang.

“Program yang ke dua adalah pesawat terbang. Ada yang akan dikembangkan oleh Kementerian Perindustrian, ada yang dikembangkan oleh almarhum Pak Habibie,” ujarnya dalam Seminar Nasional Infrastruktur Menuju Indonesia Maju 2024 di Jakarta, Rabu, 2 Oktober 2019.

Pesawat terbang yang dikembangkan Habibie terus dilakukan oleh Regio Aviasi Industri (RAI)-sebuah perusahaan yang didirikan olehnya pada 2012, saat ini kelanjutannya pesawat tersebut didesain mampu menampung hingga 90 penumpang.

Nampak penggabungan struktur desain yang canggih dan mesin yang memiliki efisiensi tinggi, pesawat ini digadang-gadang minim biaya operasional. Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) mengatakan bahwa pengembangan pesawat R80 membutuhkan dana sebesar Rp 6,75 triliun.

Adanya program tersebut telah didanai oleh BUMN, diharapkan program tersebut juga didanai oleh BUMN dan swasta. Proyek tersebut muai dikerjakan pada 2023. Selain itu, upaya pendanaan dari crowd funding juga dilakukan oleh komunitas diaspora yang tersebar di banyak tempat. (NRY-www.harianindo.com)