Jakarta – Presiden Amerika Serikat Donald Trump sepertinya menganggap bahwa pelantikan Presiden Jokowi tidak terlalu penting bagi dirinya. Hal tersebut dapat dilihat lantaran Presiden Amerika itu lebih memilih untuk tidak menghadiri acara pelantikan tersebut.

Bahkan, Trump tidak mengutus Wakil Presiden Mike Pence atau Menteri Luar Negeri Mike Pompeo untuk turut hadir dalam acara pelantikan Jokowi dan Ma’ruf Amin. Menurut penjelasan dari Kedubes AS di Jakarta, Sabtu (12/10), Trump hanya mengirimkan Menteri Transportasi Elaine L Chao sebagai perwakilan dari Amerika Serikat.

Dalam urutan suksesi kepresiden Amerika Serikat, menteri luar negeri berada pada posisi nomor dua, sedangkan wakil presiden berada pada urutan pertama. Sedangkan menteri transportasi berada pada urutan ke-12.

Pada 20 Oktober 2019 mendatang, upacara pelantikan tersebut nantinya akan dihelat di Gedung Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Senayan, Jakarta.

Dalam acara tersebut, Duta Besar AS untuk Indonesia Joseph R Donovan Jr juga akan mendampingi Menteri Transportasi tersebut. Sejumlah perwakilan negara sahabat juga dikabarkan akan menghadiri acara pelantikan tersebut. (Hr-www.harianindo.com)