Sofia – Bulgaria dijadwalkan akan menjamu Inggris dalam laga matchday ke-8 Kualifikasi Euro 2020. Bertempat di Stadion Vasil Levski, pertandingan tersebut akan dimulai pada Selasa (15/10/2019) besok pukul 01.45 WIB.

Berdasarkan klasemen sementara Grup A, Bulgaria kini berada di dasar tabel. Sang tuan rumah kini mengantongi 3 poin dan berada di urutan kelima. Di lain pihak, Inggris berada di puncak klasemen dengan raihan 12 poin.

Meski bermain di kandang sendiri, namun hal tersebut bukan berarti membuat Bulgaria bakal tampil unggul. Dalam tiga laga kandang terakhirnya, mereka tidak pernah menang.

Bahkan jika direkap dari enam pertemuan terakhir, Bulgaria hanya mampu imbang 3 kali dan kalah 3 kali pula. Pekan lalu, Bulgaria bermain seri kontra Montenegro dengan hasil akhir 0-0.

Kondisi tuan rumah yang tidak prima tersebut memberikan kans tersendiri bagi Inggris. Terlebih, Harry Kane dkk mengusung misi harus menang demi lolos ke Euro 2020.

Sebenarnya, The Three Lions bisa saja mendapat posisi lebih aman jika pada pekan sebelumnya berhasil menang. Akan tetapi, yang terjadi pada laga tandang Inggris ke Republik Ceko justru sebaliknya. Meski sempat unggul berkat gol penalti Kane, namun Ceko mengejar kekurangan hingga tercatat skor akhir 2-1.

Selain harus menang, syarat agar Inggris bisa lolos adalah melihat hasil pertandingan Kosovo kontra Montenegro. Apabila Kosovo tidak berhasil unggul, maka Inggris bisa mendapat tiket menuju Euro 2020.

Sebelum dikalahkan oleh Republik Ceko, Inggris sebenarnya memiliki catatan 42 laga tanpa kalah. Dan pada pertemuan sebelumnya dengan Bulgaria, tim asuhan Gareth Southgate itu berhasil menang 4-0 pada matchday ke-5. (Elhas-harianindo.com)