Kiev – Pada pertandingan matchday ke-8 Kualifikasi Euro 2020, Ukraina dinyatakan lolos ke fase selanjutnya berkat kemenangan 2-1 atas Portugal. Mengenai hasil positif yang didapat oleh tim asuhannya kala melawan kampiun Nations League, pelatih Andriy Shevchenko mengaku girang dan bangga.

“Betapa sulitnya permainan itu bagi kami, khususnya di 15 menit akhir. Tapi, saya senang, senang melihat tim ini tampil di atas lapangan,” ujar Shevchenko pada Selasa (15/10/2019).

Dengan kemenangan tersebut, Ukraina berhasil mempersembahkan hasil apiknya di hadapan para pendukungnya di Stadion Olympiyskiy, Kiev, Ukraina.

Keunggulan berhasil didapat saat babak pertama, berkat gol yang dilesakkan oleh Roman Yaremchuk pada menit ke-6 dan Andriy Yarmolenko di menit ke-27.

Padahal, selama pertandingan berlangsung Portugal memiliki tingkat penguasaan bola 60 persen. Bahkan, Portugal sempat menciptakan 24 peluang. Meski satu gol hanya tercipta dari tendangan penalti Christiano Ronaldo kala pertandingan memasuki menit ke-72.

Hasil positif yang diraih oleh Pasukan Kuning Biru itu, menurut mantan punggawa AC Milan tersebut, bisa diraih berkat dukungan para suporter Ukraina. Shevchenko merasa berterima kasih atas dorongan tersebut.

“Kami bermain melawan tim yang sangat kuat. Anda tahu ini adalah perasaan sangat luar biasa. Bahwa tiga tahun terakhir benar-benar membuahkan hasil dan saya sangat bahagia untuk seluruh masyarakat Ukraina dan tim,” ujar Sheva, sapaan akrab Shevchenko. (Elhas-harianindo.com)