Jakarta – Syafrin Liputo, selaku Kepala Dishub DKI Jakarta beranggapan bahwa tidak ada masalah dengan kembali beroperasinya bus yang sempat ditolak Gubernur DKI Jakarta era sebelumnya Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Seperti diketahui bahwa, bus TransJakarta buatan pabrikan China yang menuai kontroversi, Zhongtong kembali beroperasi. Selain itu, Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta menilai bahwa armada angkutan umum itu sudah layak untuk mengaspal.

“Sudah (berikan rekomendasi). Itu layak. Sesuai dengan rekomendasi,” ujar Syafrin di Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Selasa (15/10/2019).

Syafrin menilai bahwa pengoperasian bus Zhongtong adalah kewenangan antara PT Transportasi Jakarta dengan Pengangkutan Penumpang Djakarta (PPD) selaku operator. Bus yang disebut Syafrin juga sudah pernah digunakan di koridor 1 ini nantinya akan dipantau.

“Prinsipnya untuk bus Zhongtong ini kan sebelumnya sudah digunakan oleh Perum Damri di koridor 1. Kita lihat best practice-nya di sana. Kami akan coba cek,” jelasnya.

Syafrin menilai dalam memberikan rekomendasi tidak melihat merknya. Syafrin menyatakan bahwa yang paling penting adalah spesifikasinya yang layak untuk beroperasi.

“Apakah sesuai dengan regulasi yang ada atau tidak, spesifikasi teknisnya. Jika sesuai tentu kita berikan rekomendasi. Karena kita tidak melihat apakah merk A, merk B, merk C,” pungkasnya. (NRY-harianindo.com)