Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan akan memberikan kejutan saat pengumuman nama-nama menteri dalam kabinetnya pada periode yang kedua nini. Beberapa prediksi pun mencuat terkait dengan kejutan tersebut.

Pengamat politik dari CSIS Arya Fernandes menganggap bahwa kemungkinan ada tiga poin yang dapat disebut sebagai kejutan dari presiden. Poin pertama terkait hubungan antara keinginan masyarakat dan kebijakan pemerintah yang belakangan ini kerapa bertolak belakang.

“Soal kejutan, di akhir periode ini kan terjadi diskoneksi antara aspirasi publik dengan pilihan-pilihan politik Istana. Nah, diskoneksi itu membuat turunnya kepuasan publik terhadap kerja pemerintahan seperti yang terekam dalam survei Litbang Kompas. Ke depan presiden harus bisa memastikan suara publik itu terwakili dalam proses pembuatan kebijakan di Istana. Apa kejutannya? Kejutan yang kita tunggu adalah apakah presiden mampu memenuhi ekspektasi mendasar publik soal kabinet yaitu soal kebaruan,” tutur Arya, Minggu (20/10/2019).

Dia memprediksi bisa jadi kejutan tersebut adalah nama-nama baru yang mengisi jajaran menteri untuk menggeser posisi menteri yang selama ini dianggap memiliki kinerja yang buruk . Kendati demikian, dia mengharapkan bahwa Jokowi tetap mempertahanakan menteri dengan pencapaian yang bagus dan tetap mempertimbangkan rekam jejak dari menteri yang baru dipilih.

“Soal inovasi, apakah ada kebaruan dari nama-nama yang diusulkan gitu. Presiden tentu harus mempertimbangkan kalau ada menteri petahana yang punya kerja baik ya harus dipertahankan,” jelasnya.

Prediksi kedua, ungkap Arya, kejutan mungkin terjadi lantaran adanya kegemukan koalisi. Menurutnya, akan terjadi kesulitan dalam melakukan negosiasi jika koalisi yang dihasilkan terlalu gemuk.

“Mengelola koalisi yang tambun itu bukan hal mudah karena jalur komunikasinya lebih panjang. Negosiasi menjadi lebih rumit. Potensi disharmoni internal juga bisa muncul ya,” ungkapnya.

Berikutnya, Arya menerka bahwa Jokowi akan memberika kejutan terkait menteri-menteri yang bertanggungjawab pada perekonomian. Melihat saat ini, tantangan perekonomian semakin sulit.

“Kejutan tim ekonomi menurut saya paling penting karena tantangan ke depan cukup rumit, potensi resesi, situasi ekonomi domestik juga,” ucap Arya.

Sekjen NasDem Johnny G Plate merupakan orang pertama yang membeberkan adanya kejutan yang nantinya akan diberikan oleh Jokowi. Johnny berharap rakyat Indonesia bersabar untuk menunggu pengumuman kejutan dari Jokowi saat menyampaikan pengumuman kabinet nanti.

“Ini dia, ini bukan untuk merahasiakan (pengumuman kabinet). Tetapi agar kita menjemputnya dengan kegembiraan, dibutuhkan juga element of surprise (elemen kejutan). Karena itu juga nanti akan menggembirakan negeri khatulistiwa kita ini. Kita tunggu itu, ini bagian dari penantian yang membahagiakan,” beber Johnny. (Hr-harianindo.com)