Jakarta – Rabu (23/10/2019) tadi, para menteri kabinet Presiden Joko Widodo untuk periode 2019-2024 telah resmi dilantik. Sejumlah nama baru pun muncul di dalam jajaran para menteri. Hal tersebut lantas membuat sejumlah menteri lama tak lagi menjabat.

Salah satunya adalah Wiranto. Mantan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) itu mengaku tidak keberatan atas keputusan tersebut. Wiranto mengatakan bahwa dirinya sudah menjabat menteri sebanyak empat kali.

“Ya saya sih enggak ada masalah ya, saya sudah empat kali menjadi menteri. Jadi saya kira sudah saatnya untuk tidak jadi menteri lagi, mosok lima kali. Terlalu banyak ya,” kata Wiranto di Kantor Kemenkopolhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (23/10/2019).

Terkait banyaknya figur baru di dalam Kabinet Indonesia Maju, Wiranto mengucapkan apresiasi terhadap Presiden Jokowi. Sebab, perombakan tersebut dinilai perlu demi meningkatkan daya saing negara.

“Saya sangat memberikan apresiasi kepada Presiden Jokowi yang telah konsisten mau untuk melakukan perombakan kabinet, untuk apa? Untuk mengejar sasaran ke depan yang penuh dengan tantangan, yang penuh dengan persaingan yang cukup berat antar negara,” ujarnya.

“Saya kira melihat susunan yang beliau telah susun menurut saya tepat,” lanjut Wiranto.

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, posisi Wiranto itu kini dijabat oleh Mahfud MD. Sebelumnya, figur kelahiran Sampang, Madura, itu sudah pernah menjabat sebagai Menteri Pertahanan di era Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) meski masa jabatannya kurang dari setahun. (Elhas-harianindo.com)