Jakarta – Yaqut Cholil Qoumas, selaku Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor atau GP Ansor mengapresiasi terbentuknya Kabinet Indonesia maju periode 2019 – 2024. Seperti diketahui bahwa, dalam Kabinet Indonesia Maju terdapat keseriusan Presiden Joko Widodo untuk menyelesaikan masalah radikalisme.

Yaqut beranggapan bahwa langkah itu terlihat dari penunjukkan sejumlah tokoh untuk menjadi Menko Polhukam yakni Mahfud MD, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, dan Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi.

Seperti diketahui bahwa Jokowi telah meminta sejumlah menteri untuk bersinergi memberantas radikalisme terutama yang ada di institusi pemerintah.

“Presiden Jokowi saya lihat serius untuk mengatasi berkembangnya radikalisme atau merebaknya ideologi radikal,” ujar Gus Yaqut dalam keterangan tertulisnya, Jumat (25/10/2019).

“Ini terlihat dengan ditugaskannya secara khusus Menkopolhukam, Menhan, Mendagri dan Menag untuk ikut menangani masalah radikalisme di masyarakat, khususnya di lingkup kementerian masing-masing,” Yaqut menambahkan.

Di sisi lain, Gus Yaqut melayangkan ucapan terima kasihnya kepada langkah pemerintah yang kini semakin serius memberantas radikalisme. Tugas Ansor kata dia, menjadi semakin ringan. (NRY-www.harianindo.com)