Jakarta – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) sedang melakukan pembahasan terkait pagu usulan anggaran penyelenggaraan tugas Tim Gubernur untuk Percepatan Pembanguan (TGUPP) bersama DPRD DKI Jakarta. Dalam perubahan pagu anggaran tersebut diusulkan senilai Rp 19,8 miliar.

Anggota komisi pun mempertanyakan perubahan pagu anggaran tersebut, diantaranya anggota Komisi A Fraksi PAN, Lukmanul Hakim, yang melontarkan pertanyaan terkait jumlah usulan anggaran TGUPP tersebut yang mencapai Rp 19,8 miliar.

“TGUPP, mana orangnya? Ini mengajukan anggaran ini, sesudah dipotong menjadi Rp 19 miliar lebih kurangnya,” ujar Lukman dalam rapat Komisi A di gedung DPRD DKI Jakarta, Jl Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Rabu (30/10/2019).

Anggota Komisi A Fraksi Gerindra Syarifudin, juga melontarkan pertanyaan terkait usulan pagu anggaran tersebut . Menurutnya, usulan anggaran TGUPP merupakan jumlah paling besar dibandingkan dengan pagu lainnya.

“Saya lihat, anggaran yang paling besar ini hanya TGUPP, Rp 19 miliar. Jadi saya ingin tahu apa kinerjanya TGUPP,” ucap Syarif.

Anggota Komisi A Fraksi PDIP Tina Toon, juga berpendapat bahwa usulan pagu tersebut masih terlalu besar. Ia pun melontarkan pertanyaan terkait hasil kinerja TGUPP.

“Kisarannya Rp 26 miliar sekian, sekarang Rp 19 miliar sekian, itu tetap besar. Jadi kita butuh outcome-nya apa, hasilnya apa untuk percepatan pembangunan DKI Jakarta,” jelasnya.

Pertanyaan-pertanyaan tersebut muncul lantaran tidak ada penjelasan secara rinici yang disampaikan dalam pemaparan tim Bappeda terkait TGUPP. Pemaparan terkait TGUPP tersebut tidak terlalu dibahas dengan dalih untuk mempersingkat waktu.

Namun, diketahui berdasarkan dokumen Bappeda, pagu rancangan KUA PPAS 2020 untuk TGUPP mencapai Rp 26.572.982.000. Selanjutnya dilakukan pengurangan dengan jumlah Rp 6.693.557.000.

Dengan demikian, pagu usulan perubahan KUA PPAS untuk TGUPP senilai Rp 19.879.425.000. Pengurangan tersebut dilakukan dengan mengurangi jumlah pengeluaran untuk uang transport, sewa tempat, dan narasumber. (Hr-harianindo.com)