Jakarta – Ustaz Derry Sulaiman melayangkan pendapat terkait musik yang dinilai haram dalam Islam. Sepengetahuannya, hal itu tidak benar adanya. Selain itu, Derry memiliki bukti terkait hal tersebut. Ia menceritakan kisah nabi soal musik.

“Nabi tuh pernah menyuruh sahabat main musik, nih jarang orang dengar. Ketika nabi datang ke pesta pernikahan, lalu hening, nabi mengatakan kenapa pernikahan kalian seperti pemakaman, pukul rebanamu, mainkan musikmu. Waktu itu belum ada drum set, organ tunggal, gitar listrik, bass, hanya hadroh. Jadi waktu itu nabi meminta memukul alat-alat itu di waktu tertentu di waktu bergembira, hari raya,” ujarnya di channel YouTube Erix Soekamti.

Derry menyatakan bahwa para Wali Songo juga dalam menyebarkan Islam lewat panggung hiburan. Mereka disebut sudah menyadari efek dahsyat musik.

“Di pesantren-pesantren di Gontor sekalipun diajarkan musik dan Indonesia ini ketika merdeka ada ribuan ulama yang mengawal kemerdekaan Indonesia dan dia melihat ketika WR Supratman bikin lagu ‘Indonesia Raya’ tak seorang pun yang berkomentar itu haram, apa mereka bodoh?” katanya.

Di sisi lain, Derry menyatakan bahwa ulama seperti Buya Hamka kerap memutar lagu soal jihad. Makanya, ia percaya musik tak haram di Islam. (NRY-harianindo.com)