Jakarta – Di Jakarta Utara akan hadri Masjid yang dibangun di atas laut atau biasa disebut Masjid Apung.

Secara detail, Masjid Apung tersebut akan berlokasi di Pantai Ria, yang berada di bagian timur Pantai Ancol. PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk (Ancol) tengah bersiap untuk membangun masjid tersebut.

Masjid dengan seluas 2.000 meter persegi tersebut akan mampu menampung hingga 2.500 jemaah. Arsitek ternama Indonesia, Andra Matin, yang mendesain bangunan masjid tersebut dengan rancangan yang syarat arti.

Bangunan masjid ini akan berbentuk segilima yang mengartikan rukun Islam dan salat wajib dalam sehari. Masjid tersebut akan dibangun dengan tinggi 25 meter yang menjadi lambang 25 Nabi yang dikisahkan dalam Alquran. Sementara itu, di bagian luar masjid nantinya akan di bangun enam menara yang berarti enam dasar rukun iman.

Posisi kiblatnya pun terlihat indah lantaran langsung menghadap ke laut lepas. Selain itu, angin laut akan menjadi penyejuk alami lantaran masjid tersebut dibangun dengan konsep terbuka.

Masjid Apung tersebut diharapkan akan menjadi ikon baru Jakarta dan dapat menggambarkan perjalanan Islam yang ada di Ibu Kota.

“Kami harap Masjid Apung ini bisa memberikan pengalaman baru bagi pengunjung serta dapat menjadi destinasi dan ikon baru Jakarta yang menjadi kebanggaan Kota Jakarta,” ujar Teuku Sahir Syahali, Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk.

Tidak hanya terlihat estetik, Masjid Apung juga direncanakan akan menjadi wisata bersejarah yang ada di Jakarta seperti Kota Tua dan Kepulauan Seribu yang syarat akan cerita masa lalu Jakarta. (Hr-harianindo.com)