Surabaya – Bonek menyatakan bahwa mereka akan ikut turun tangan dalam kerja bakti massal untuk memperindah Stadion Gelora Bung Tomo (GBT). Hal tersebut merupakan respons atas rencana Pemkot Surabaya yang ingin menggelar kerja bakti pada Jumat (08/11/2019) esok.

Koordinator Bonek Tribun Timur, Hasan Tiro, mengatakan bahwa ia dan kawan-kawannya tak cuma mendukung. Tetapi mereka juga bakal ikut membantu kerja bakti.

“Untuk persiapan besok di hari Jumat, teman-teman bonek akan all out untuk datang kegiatan bersih-bersih GBT yang dilaksanakan oleh Pemkot dan teman-teman Bonek semua,” kata Hasan pada Kamis (07/11/2019).

Hasan memadnang bahwa acara tersebut bersifat positif, terlebih usai insiden perusakan di Stadion GBT. Melalui kerja bakti, Hasan ingin menunjukkan kepada publik bahwa Bonek juga siap turun tangan demi memperindah Stadion kandang Persebaya itu.

“Untuk ke depan hari Jumat, teman-teman Bonek akan membuktikan bahwa kejadian kemarin adalah spontanitas, bahwa kita siap untuk memperbaiki kerusakan di GBT,” ungkap Hasan.

Selain itu, Bonek juga berencana untuk menanam pohon di sekitar GBT besok. Rencana tersebut merupakan usulan dari Hasan sebagai bentuk kontribusi awal dari Bonek.

“Sebagian teman-teman sendiri sudah menyiapkan tanaman untuk ditanam di GBT besok. Sebagai simbolis dari teman-teman ada sekitar 50 tanaman yang akan dibawa teman-teman,” ujarnya.

Selain itu, penanaman pohon juga dimaksudkan sebagai respons atas isu-isu yang berkembang mengenai Stadion GBT. Salah satunya adalah isu bau sampah.

“Karena sesuai dengan isu-isu yang berkembang di media sosial tentang bau sampah yang sangat tidak mengenakkan bagi kami dari teman-teman bonek sendiri. Kok seperti itu, harusnya kan ada solusi, bukan pemindahan stadion,” tegasnya.

Hasan juga berharap agar ke depannya, agenda serupa juga dilaksanakan pada hari libur. Sebab, Jumat merupakan hari aktif kerja. Sehingga sebagian Bonek tidak bisa turut serta lantaran bekerja.

“Mungkin agenda hari Jumat ini kan yang datang juga tidak seberapa banyak, karena waktu juga mepet di hari Jumat juga banyak teman-teman Bonek yang bekerja,” kata Hasan.

“Mungkin di hari-hari lain pas libur kerja atau libur sekolah kita akan mengagendakan bersih-bersih masal di GBT dengan teman-teman Bonek,” imbuhnya. (Elhas-harianindo.com)