Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan turut hadir Kongres Partai Nasdem di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (08/11/2019) malam.

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh mendampingin Anies memasuki Hall B3 JIExpo Kemayoran bersama dengan jajaran politisi Partai Nasdem. Para kader Partai Nasdem yang sudah memenuhi Hall B3 JIExpo pun bersorak sorai saat menyambut kehadiran Surya Paloh dan Anies Baswedan.

Dalam acara tersebut, Aniesterlihat menngenakan setelan batik yang dipadukan dengan celana hitam. Dia tampak duduk dibarisan paling depan dengan jajaran elite Partai Nasdem lainnya. Politisi Partai Nasdem Jan Darmadi memisahkan posisi duduknya satu kursi dari Surya Paloh.

Sekretaris Jenderal Partai Nasdem Jhonny G Plate yang juga Menteri Komunikasi dan Informatika, politisi Nasdem Siti Nurbaya Bakar yang juga Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dan politisi-politisi Nasdem lainnya juga menghadiri kongres tersebut.

Ketua DPP Partai Nasdem Willy Aditya sebelumnya mengungkapkan bahwa Anies diundang dalam kongres tersebut dengan kapasitasnya sebagai Gubernur DKI dan memberikan ucapan selamat datang kepada seluruh kader Nasdem yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia.

Willy pun membeberkan bahwa dalam kongres tersebut akan dibahas terkait rencana Pilpres 2024, Willy mengaku bahwa Anies diundang lantaran ia dianggap sebagai orang lama bagi Nasdem.

“Anies itu pembaca manifesto Nasional Demokrat (saat Nasdem masih menjadi ormas). Anies bukan orang asing, anies itu orang dalam di Nasdem,” ujar Willy.

Jauh sebelum menghadiri kongres tersebut, Anies Baswedan pun sudah bertemu dengan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh di Kantor DPP Partai Nasdem, Gondangdia, Jakarta Pusat, 24 Juni lalu.

Surya menyatakan bahwa pertemuannya dengan Anies ibarat pertemuan antara adik dan kakak.

“Kita dapat tamu khusus Nasdem hari ini tapi bukan sebagai pribadi ya, tentu representasi tetap sebagai keluarga besar di Nasdem,” kata Surya saat itu. Surya juga mengatakan bahwa karier politik Anies berangkat dari Partai Nasdem. “Pak Anies Baswedan rumahnya memang dari sini berangkatnya, ketika kita sudah bertugas cukup lama barang kali karena waktu yang memungkinkan, hari ini kita dipertemukan, kunjungan adik ke kakak,” tutur Surya pada waktu itu. (Hr-harianindo.com)