Jakarta – Timnas Indonesia U-19 mendapatkan kepastian tempat di Piala Asia U-2020 Uzbekistan. Kepastian tersebut didapatkan setelah Skuat Garuda Muda seri saat melawan Korea Utara 1-1.

Dalam pertandingan yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Minggu (10/11/2019), pada babak pertama Timnas ketinggalan 1-0 dari Korea Utara. Namun, pada babak kedua Timnas berhasil menyamakan kedudukan.

Pada babak pertama, Kim Kwan Chong berhasil membobol Gawang Ernando Ari. Penalti Bagus Kahfi pada babak kedua berhasil menyamakan kedudukan TImnas dengan Korea Utara.Dengan kemenangan tersebut, TImnas dipastikan mendapatkan tiket di Piala Asia U-19 2020. Skuat Garuda pun maju ke babak final dengan mendapatkan dua kemenangan dan satu kali imbang dalam tiga laga yang dijalaninya (tujuh poin).

Pada babak pertama, TImnas terlihat tampil begitu agresif. Pada menit kelima, Serdy Ephyfano membuka kesempatan, namun kiper Korut, Sin Kwang Guk dapat mengantisipasinya.

Korut sempat memberikan tekanan namun dapat diatasi oleh Timnas dengan membuat kemelut di gawang Korut. Namun, sejumlah upaya Skuat Garuda pun belum memberikan hasil.

Pada menit kesepuluh, satu peluang dibuat lagi oleh Timnas. Kali ini, gawang Korut berusaha dijebol oleh Beckham, namun kiper Kwang Guk berhasil untuk menghalaunya.

Pada enit ke-17, Fajar Fathur Rachman juga ikut berusaha untuk menjebol gaewang Korut. Dia mengarahkan bola ke sisi kanan bawah gawang, namun lagi-lagi kiper Kwang Guk berhasil untuk menghalaunya.

Setelah menit ke-40, Timnas Indonesia kembali mendapatkan tekanan lagi dari Korut. Di menit ke-41, gawang dari Timnas harus kebobolan. Ri Jo Guk memenangi duel udara dan mengumpankan kepada Kim Kwang Chong. Oleh Kwang Chong bola diteruskan ke arah gawang Indonesia dan kiper Merah Putih, Ernando, gagal untuk menghalaunya.

Pada sisa menit kelima, Indonesia mengubah komposisi pemain untuk melakukan penguatan permainan. Komang Teguh Krisnanda pun masuk untuk menggantikan Beckham Putra.

Pada injury time, nyaris saja gawang kebobolan lagi. Namun, tandukan pemain Korut melayang terlalu tinggi di atas gawang.

Hingga peluit panjang ditiup, tidak ada tambahan gol yang tercipta. Skor Indonesia versus berada pada posisi imbang Korut 1-1. (Hr-www.harianindo.com)