Jakarta – Pernyataan dari Ketua DPP Nasdem Zulfan Lindan terkait partainya yang mengincar sejumlah gubernur seperti Anies Baswedan hingga Ganjar Pranowo untuk Pilpres 2024 rupanya mendapat tanggapan dari Puan Maharani. Ketua DPP PDIP itu memandang pernyataan tersebut sah-sah saja.

“Banyak juga ya calonnya ya,” ucap Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (11/11/2019).

“Ya itu sah-sah saja, setiap parpol pasti mempunyai rencana jangka pendek, menengah dan panjang, apalagi 2024,” sambungnya.

Sebagai Ketua DPR RI, Puan untuk saat ini mengatakan bahwa dirinya hanya memperhatikan jalannya pemerintahan selama periode 2019-2024. Perihal Pilpres 2014, Puan memilih untuk tak berkomentar banyak.

“Bagi saya ini sebagai ketua DPR yang juga dari partai pemenang PDI Perjuangan ya kita tetap akan fokus bagaimana menjalankan sinergi pemerintahan ini ke depan sampai 2024,” ujar Puan.

Baca Juga: Empat Gubernur Ini Masuk Radar Nasdem Untuk Pilpres 2024

Lebih lanjut, Puan mengatakan bahwa partainya hingga saat ini masih tidak terburu-buru menentukan calon untuk Pilpres 2024. Menurutnya, PDIP memiliki kader-kader terbaik yang siap untuk maju dalam kontestasi tersebut.

“Masih panjang. Baru juga Presiden-Wakil Presiden dilantik. PDI Perjuangan insya Allah punya kader-kader terbaiknya kok untuk nanti 2024, jadi penjaringannya tunggu waktunya saja,” ungkapnya.

Mengenai masuknya nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang notabene kader PDIP dalam usulan Nasdem, Puan berujar bahwa PDIP memiliki aturan dan mekanisme yang harus ditaati para kadernya.

“Ya kalau di internal kami kan ada aturannya bahwa sebagai kader PDI Perjuangan ya harusnya ikut dengan apa yang menjadi aturan, atau mekanisme di PDI Perjuangan. Tapi, sebagai warga negara Indonesia ya punya hak masing-masing,” katanya.

Diberitakan sebelumnya bahwa Ketua DPP Nasdem Zulfan Lindan mengatakan bahwa Ketua Umum partainya, Surya Paloh, enggan untuk maju Pilpres 2024 terlepas usulan dari DPW Nasdem. Kemudian Zulfan mengungkapkan sejumlah gubernur yang masuk dalam radar Nasdem.

“Nggak mungkinlah, nggak mungkin. Kita sangat mengetahui. Satu, dia (Surya Paloh) tidak bersedia, kemudian kita melihat banyak generasi muda yang akan muncul. Gubernur-gubernur potensial ini, ada empat gubernur, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, DKI, inilah yang harus kita usung orang-orang ini,” kata Zulfan di Gado Gado Boplo, Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (10/11/2019).

Secara gamblang, Zulfan menyebutkan bahwa empat nama gubernur tersebut memang diincar oleh Nasdem. Nantinya Nasdem akan mengadakan konvensi dengan memasukkan nama-nama tersebut.

“Empat gubernur. Itu paling tepat. Nasdem mengincar empat gubernur untuk menjadi capres nanti,” ungkap Zulfan. (Elhas-www.harianindo.com)