Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) turut hadir dalam HUT ke-8 Partai NasDem. Jokowi pun mengucapkan salam bagi semua agama.

“Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, selamat malam, salam sejahtera untuk kita semua, Om Swastyastu, Namo Buddhaya, salam kebajikan,” ujar Jokowi dalam pidatonya di JI Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (11/11/2019).

Saat Surya paloh memberikan sapaan, Jokowi pun membalasnya. Jokowi memberikan ucapan selamat HUT ke-8 NasDem dan atas dipilihnya kembali Surya Paloh menjadi Ketum NasDem.

“Yang saya hormati, saya cintai, yang saya sayangi, Ketua Umum Partai Nasdem Bapak Surya Paloh serta seluruh jajaran pengurus dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote yang malam hari ini hadir,” tuturnya,

Sebelumnya, terkait dengan ucapan salam dari berbagai agama, MUI Jatim mengeluarkan surat edaran yang berisikan himbauan kepada pejabat publik untuk tidak mengucapkan salam dari agama lain. Imbauan tersebut tertuang dalam surat bernomor 110/MUI/JTM/2019 yang ditandatangani secara langsung oleh Ketua MUI Jatim KH Abdusshomad Buchori.

Dalam imbauan tersebut ada poin yang menyerukan untuk para pejabat publik hanya memberikan salam sesuai dengan agama masing-masing. Semisal pejabat tersebut beragama Islam, maka cukup dengan memberikan salam ‘Assalamualaikum Wr Wb’. (Hr-harianindo.com)