Grobogan – Sejumlah desa di Kecamatan Kedungjati, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah dilanda dengan hujan es. Kejadian tersebut terjadi dalam waktu yang relatif pendek, hanya 5 menit.

“Hujan es terjadi kisaran lepas waktu Asar,” ujar warga Desa Kedungjati, Wahjoe Widijanto, Senin (11/11/2019).

Dikabarkan bahwa hujan es tersebut terjadi di Dukuh Gunungwulan, Dukuh Krakalan, Dukuh Branggah, Desa Kentengsari, Desa Kedungjati dan Desa Ngombak.”Sementara itu, untuk desa lain belum ada infonya,” ucapnya.

Dia menjelaskan bahwa sejak sore tadi hujan sudah mengguyur daerah tersebut. Tiba-tiba saat hujan turun, pada waktu pertengahan turun hujan es.

“Itu hujan esnya kurang lebih 5 menit,” ungkapnya.

Dari video yang dikirimkan Wahjoe, terlihat hujan lebat sedang terjadi di wilayah Kecamatan Kedungjati. Dalam video tersebut tampak sejumlah warga meneriakan hujan es.

“Ya ampun seketika hujan es. Es e to (es nya itu) akeh (banyak) banget,” ujar orang dalam video sembari mengambil butiran es dari bawah teras rumah.

Menurut Wahjoe, secara keseluruhan hujan berlangsung selama 1 jam. Hujan disertai dengan angin kencang juga melanda wilayah tersebut. Angin kencang tersebut dikabarkan menerjang rumah-rumah hingga ambruk.

“Ada angin kencang juga, di Krakalan, Kedungjati. Mengakibatkan bangunan pos kamling di RT 2 RW 6. Termasuk juga bangunan warung di RT 2 RW 6,” jelasnya. Satu bangunan rumah juga ambruk di Dukuh Gunungwulan. “Rumah Mbah Bambang di RT 06 RW 10 Gunungwulan. Tidak ada korban jiwa karena tak berpenghuni,” tukasnya. (Hr-harianindo.com)