Surabaya – Heritage Walk Of Lawang Seketeng atau kampung lawas merupakan salah satu destinasi wisata heritage baru di kota Surabaya. Diketahui bahwa, wisata tersebut berada di Kelurahan Peneleh, Kecamatan Genteng.

Destinasi yang baru saja diresmikan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya dengan Surabaya Creative Network (SCN) tersebut mempunyai banyak sejarah tentang sejumlah tokoh nasional, salah satu diantaranya adalah Presiden RI pertama Ir Soekarno.

Terdapat beberapa benda bersejarah Langgar Dukur Kayu yang dulunya dipakai tempat mengaji Presiden Soekarno saat masih kecil. Selain itu, terdapat pula Terakota, Sumur Tua, Makam Mbah Pitono, Makam Mbah Dimo, Makam Syekh Zen Zaini Assegaf, Rumah Kayu, Rumah Jengki dan Rumah Puing yang menjadi pusat daya tarik wisata.

Hafsoh Mubarok , selaku Ketua SCN menyatakan bahwa dalam rangkaian peresmian ini juga digelar dengan sejumlah acara untuk memperkenalkan warga Surabaya seperti, Mlaku (Blusukan Kampung), Sowan Langgar Dukur Kayu, Incip-incip jajanan, dan foto mural viral.

“Ini semua suport dari teman-teman komunitas lainnya yang kerjasama dengan SCN,” kata Hebz kepada wartawan di lokasi, Senin (11/11/2019).

Di sisi lain, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya Antiek Sugiharti menjelaskan, Langgar Dukur Kayu yang berdiri tahun 1893 ini masih terjaga keasliannya. Sehingga dari sisi historisnya mampu menjadi daya tarik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. (NRY-www.harianindo.com)
s Musdiq.