Jakarta – Densus 88 Antiteror membekuk satu orang terduga teroris di Beji, Depok, Jawa Barat pada Selasa (12/11) kemarin. Diketahui, Pelaku tersebut bernama Wiji Joko Santoso.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengungkapkan bahwa pelaku dibekuk saat berada di Sekolah Dasar Islam Terpadu Izzati, Beji. Wiji saat ini masih menjalani pemeriksaan secara mendalam oleh Densus 88.

“Densus menangkap terduga teroris kelahiran Rembang. WJ alias P,” ujar Argo kepada wartawan, Rabu (13/11).

Diketahui, dari hasil pemeriksaan tersebut, Wiji pernah menjadi pelatih di Moro tahun 1999. Dia merupakan angkatan pertama sampai 2001/2002.

Kemudian, didapatkan informasi bahwa Wiji mempunyai keahlian untuk merakit bom. Dia juga pernah bertandang ke Suriah pada 2012 bersama ASKARI dengan tujuan menjalin kerjasama dengan FSA (Free Syirian Army).

Bahkan, pada periode tahun 2012-2013 WJ melakukan kunjungan ke sejumlah negara antara lain Thailand, Vietnam, Qatar, Singapura, Filipina, Uni Emirat Arab, Sri Lanka, dan Hong Kong.

“Dia berperan sebagai Hubungan International pada tahun 2014,” ucapnya.

Kediaman pelaku di Perumahan Bukit Mampang Residence Utara No.N 8 RW 09 Grogol, Kecamataan Limo, Depok sempat digeledah oleh petugas.

Di sana, polisi mendapatkan sejumlah barang bukti. Salah satunya adalah diduga bendera ISIS dan buku diduga berpaham radikal. (Hr-harianindo.com)