Jakarta – Terkait dengan aksi terorisme yang baru-baru ini terjadi di Medan, Ketua DPR RI Puan Maharani kembali angkat bicara. Kali ini, politisi PDIP tersebut meminta Brimob agar bertindak lebih tegas namun tetap terukur dalam menangani kasus terorisme.

“Jangan pernah berkompromi dengan aksi-aksi teror yang mengancam nyawa manusia dan membahayakan warga. Harus galak terhadap terorisme,” kata Puan pada Kamis (14/11/2019).

Baca Juga: Pengamat Menyebut Media Sosial Sebagai Lahan Penyebaran Radikalisme

Puan kemudian mengucapkan apresiasinya terhadap Brimob. Ia kemudian menuturkan bahwa kesetiaan Brimob dalam menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tak lepas dari kiprah awalnya di masa perjuangan kemerdekaan.

“Embrio Brimob menjadi pasukan pioner dalam awal perebutan senjata untuk mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia,” tuturnya.

Selain itu, Puan menuturkan sejumlah pengalaman Brimob dalam sejarah operasi penumpasan pemberontakan. Mulai dari DI/TII Kartosuwiryo, DI/TII Daud Beureuh, PRRI, sampai operasi penumpasan DI/TII Kahar Muzakar. Puan juga menyinggung peranan Brimob dalam pembebasan Irian Barat.

“Karena itu, bagi saya, komitmen Brimob untuk mempertahankan NKRI dan Pancasila tidak perlu kita kita ragukan lagi,” kata Puan. (Elhas-harianindo.com)