Kuala Lumpur – Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto pada Kamis (14/11/2019) kemarin bertolak menuju Malaysia. Kunjungan ke Negeri Jiran tersebut dalam rangka menemui Menteri Pertahanan Malaysia YB Yuan Haji Mohamad bin Sabu.

Bertandang ke Malaysia, kedatangan Prabowo sempat disambut dengan upacara kehormatan militer. Berikutnya, dua Menhan dari masing-masing negara mengadakan pertemuan bilateral.

“Hari ini saya melaksanakan lawatan resmi pertama sebagai Menhan, dan yang pertama saya kunjungi adalah Malaysia,” kata Prabowo melalui rilis resmi Kemenhan.

Kunjungan ke Malaysia tersebut merupakan lawatan perdana Prabowo ke luar negeri sebagai Menhan. Kedatangannya tersebut sesuai dengan perintah Presiden Joko Widodo dalam rangka mempererat dan menjaga hubungan antara Indonesia dan Malaysia.

Terkait pertemuan bilateral dengan Menhan Malaysia, Prabowo mengungkapkan bahwa antara dua negara memiliki visi dan pemikiran yang sama tentang pertahanan. Hal tersebut dipandang mampu menjadi dasar untuk memperkuat kerja sama antara Indonesia dan Malaysia.

“Saya sudah bicara dengan Yang Mulia Menteri Pertahanan Malaysia, banyak persamaan pandangan. Karena itu, saya sangat optimistis melihat hubungan kerja sama pertahanan Indonesia dan Malaysia ke depan akan semakin baik,” ujar Prabowo.

Salah satu bidang kerja sama antara kedua negara yang ingin ditingkatkan adalah pendidikan dan pelatihan serta industri pertahanan.

“Kami ingin mencari bentuk-bentuk kerja sama yang lebih baik lagi, pertukaran perwira dan pertukaran siswa antara Indonesia dan Malaysia saya kira sangat baik. Dan juga kerja sama di bidang teknik dan industri pertahanan,” papar Prabowo. (Elhas-harianindo.com)