Surabaya – Aktivitas pembersihan sungai di Jalan Simokerto Gang 3 Surabaya pada Senin (18/11/2019) pagi tadi sempat terhenti. Sebab, salah satu petugas Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan Surabaya tiba-tiba menemukan sebuah granat yang berbentuk seperti nanas.

Riyanto (36), nama petugas tersebut, menuturkan bahwa ia memulai aktivitasnya tersebut sejak pukul 07.00 WIB. Kala itu, ia menemukan sebuah benda yang tertimbun lumpur di sungai.

Ketika ia memungutnya, ia sempat mengira benda tersebut adalah besi biasa. Akan tetapi, setelah dibilas justru bentuk dari benda tersebut mulai terlihat dan diketahui bahwa benda itu adalah granat.

“Sekitar pukul 07.00 WIB, saat saya sedang membersihkan sungai. Terus waktu gali lumpur, menemukan granat itu. Bentuknya nanas. Pemantiknya gak ada. Sempet saya tes diujung granat dikasih air, keluar udaranya,” kata Riyanto.

Menemui hal tersebut, Riyanto kemudian melapor kepada pihak berwajib. Tim Gegana beberapa saat kemudian mengamankan lokasi penemuan granat dengan garis polisi. Mereka kemudian mengevakuasi senjata peledak tersebut.

Berdasarkan keterangan dari Kapolsek Simokerto Kompol Masdawati Saragih, pihaknya menyerahkan penanganan terkait granat temuan itu kepada Tim Gegana.

“Untuk selanjutnya kami serahkan aktif atau tidak benda itu ke Tim Gegana. Jadi detailnya bisa ke Tim Gegana ya. Tapi dilihat dari fisiknya, sepertinya granat itu sudah lama dan sudah karatan karena terpendam di sungai,” kata Masdawati.

Aktivitas penggalian dan pembersihan sungai pun kembali berlangsung setelah Tim Gegana berhasil mengevakuasi granat nanas tersebut. (Elhas-harianindo.com)