Medan – Fakta baru mengenai kasus bom bunuh diri di Mapolrestabes Medan kembali terkuak. Kali ini, kuat dugaan bahwa kelompok yang berkaitan dengan pelaku, RMN, juga merencanakan aksi serupa di sejumlah tempat.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kapolda Sumut Irjen Agus Andrianto. Dugaan tersebut berasal dari sejumlah barang bukti yang ditemukan selama penggeledahan. Tak hanya bahan peledak, polisi juga menemukan senjata api rakitan, senjata tajam dan lainnya. Tak hanya itu, kelompok tersebut diketahui telah melakukan latihan.

“Mereka juga melakukan pelatihan di Kabupaten Karo,” kata Agus pada Senin (18/11/2019).

Baca Juga: Massa Tolak Jenazah Pelaku Bom Medan Dimakamkan di TPU Setempat

Selain di Mapolrestabes Medan, kelompok terduga teroris itu kemungkinan besar juga mengincar sejumlah lokasi seperti rumah ibadah dan fasilitas umum. Aksi tersebut, kata Agus, direncanakan demi menunjukkan eksistensi mereka.

“Bisa tempat ibadah orang muslim, tempat agama lain, fasilitas umum, dan pemerintah. Ini menjadi trik untuk menyatakan mereka ‎ada di sini,” kata Agus.

Sementara itu, kabar terbaru mengenai penggerebekan menyebut bahwa polisi kini berhasil mengamankan 23 tersangka di sejumlah tempat di Sumatra Utara.

“Lima tersangka dititipkan di Mapolda Sumut,” kata Agus. (Elhas-harianindo.com)