Bagdad – Aksi demo antipemerintah di Irak menyita perhatian publik. Hal tersebut lantaran dalam aksi tersebut seorang pria membawa singa saat melakukan aksi.

Dibungkus dengan bendera negara Timur Tengah, pria tersebut terekam sedang memegang singa tersebut dan mengendalikannya dengan rantai. Beberapa saat, singa terseut menerjang ke arah sekelompok kecil pria dan kemudian bersandar di sisi jalan ketika pawangnya berjongkok di samping hewan buas tersebut.

Terkait asi tersebut, ada banyak protes terjadi di Ibu Kota Irak dan provinsi selatan negara itu. Beberapa di antaranya bahkan berujung pada kekerasan. Diketahui bahwa, terdapat 320 orang telah tewas.

Di sisi lain, ribuan lainnya terluka ketika para demonstran bentrok dengan pasukan keamanan. Empat orang tewas dan lebih dari 65 lainnya cedera dalam sebuah bentrokan pekan lalu dengan pasukan Irak yang berusaha mendorong para demonstran kembali ke kamp utama di Baghdad.

Adel Abdul Mahdi , selaku Pemerintah Perdana Menteri mengusahakan untuk memadamkan kerusuhan dengan langkah-langkah untuk membantu orang miskin dan lulusan perguruan tinggi.

Akan tetapi, para pengunjuk rasa kini menuntut seluruh elite penguasa yang mengambil alih kekuasaan setelah invasi AS dan menggulingkan Saddam Hussein pada 2003 agar mengundurkan diri. (NRY-harianindo.com)