Jakarta – Penyanyi Agnez Mo saat ini tengah menarik perhatian warga net. Hal tersebut lantaran dalam sebuah wawancara dengan Build Series by Yahoo, Agnez mengklaim bahwa dirinya tidak memiliki darah Indonesia.

“Sebenarnya, aku tidak punya darah Indonesia atau apapun itu. Aku (berdarah) Jerman, Jepang, China, dan aku hanya lahir di Indonesia,” ucapnya.

Prof Herawati Sudoyo, PhD, selaku ahli genetika sekaligus periset dari Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman, mengatakan bahwa memang tidak ada ‘darah’ murni Indonesia. Bahkan orang Indonesia sendiri tidak berasal dari suku tertentu.

“Pribumi dalam hal ini mengacu pada suku tertentu yang menjadi asal usul penduduk. Penduduk Indonesia tidak berasal dari suku tertentu. Leluhur kita berasal dari berbagai wilayah di dunia yang bermigrasi dan mewariskan DNA (Deoxyribo Nucleic Acid) serta karakter lain pada keturunannya,” katanya.

Diketahui bahwa, kondisi tersebut membuat Indonesia unik dengan keberagamannya dan berbeda dengan negara lainnya yang memiliki satu suku saja. Keberagaman tersebut, orang Indonesia sendiri memiliki DNA yang kompleks.

“Kita punya lebih dari 500 suku. Masing-masing suku punya DNA kompleks yang menjadi sumber keragaman asal orang Indonesia,” imbuh Prof Hera. (NRY-harianindo.com)