Jakarta – Potongan video wawancara Agnez Mo yang mengaku hanya lahir di Indonesia tanpa memiliki darah Indonesia mendadak viral. Sejumlah kalangan pun turut berkomentar mengkritisi ucapan penyanyi yang go international itu.

Kali ini, giliran aktivis lingkungan bernama Emmy Hafild yang mengecam pernyataan Agnez itu. Melalui akun Facebook-nya, ia melontarkan komentar keras.

“Pergi ke neraka Agnez Mo! Kamu tidak berharga menjadi orang Indonesia,” ujar Emmy.

Baca Juga: Heboh Soal “Darah Indonesia”, Begini Kata Pakar Genetika

Emmy kemudian melanjutkan bahwa Agnez Mo tak hanya hidup, tetapi juga merintis kariernya di Indonesia. Ia pun mempertanyakan alasan dari ujaran Agnez yang tidak berdarah Indonesia dan memiliki latar belakang yang berbeda.

“Kamu bilang bukan orang Indonesia karena tidak setetes pun darahmu orang Indonesia? Karena kamu Kristen dan ini adalah negara mayoritas muslim?” kata Emmy.

Lebih lanjut, ia memaparkan bahwa pada hakikatnya, tidak ada darah atau gen Indonesia. Sebab, secara genetik Indonesia merupakan masyarakat campuran.

“Karena gen masyarakat di negara Indonesia itu semuanya bercampur: Afrika, Mongol, India, Arab, Melanesia, Asia Timur, Portugis, Belanda.” papar Emmy.

“Kamu orang Indonesia, bukan karena darahmu tapi karena kepribadianmu , di mana temanmu, keluargamu, budaya dan masyarakat yang mempengaruhi.” lanjutnya.

Dalam wawancara dengan Kevin Kenney, Agnez mengaku bahwa dirinya merasa dibedakan seorang penganut Kristen di tengah negara mayoritas muslim.

“Tapi saya gak bilang tidak merasa memiliki Indonesia karena ada orang-orang yang menerima dan memiliki saya di sana,” ujarnya.

Meski mengatakan bahwa dirinya hanya menumpang lahir di Indonesia, namun Agnez Mo melontarkan pujian tentang keanekaragaman Indonesia.

“Indonesia memiliki lebih dari 18 ribu pulau. Setiap pulau memiliki bahasa, pakaian tradisional, hingga musik yang berbeda. Saya tumbuh dengan itu semua,” kata Agnez Mo. (Elhas-harianindo.com)