Jakarta – Joko Widodo, selaku Presiden RI menemui sejumlah peneliti dan ilmuwan asal Indonesia di sela kunjungan kenegaraannya di Korea Selatan. Pertemuan tersebut diselenggarakan di Hotel Lotte, Busan, tersebut.

Dalam pertemuan tersebut Presiden Jokowi berpesan agar para ilmuwan tidak lupa pulang kampung dan membangun Tanah Air.

Baca Juga : Kompetisi Robot di Korsel, Tim Dari ITS Raup 14 Penghargaan

“Sekarang di sini (Korea) dulu enggak apa-apa, melihat, mengamati, kemudian pada titik tertentu memang nantinya semuanya harus kembali membangun negara kita,” kata Presiden seperti dikutip dari siaran pers resmi Istana.

Di sisi lain, para ilmuwan menyampaikan gagasan-gagasan terkait riset dan inovasi kepada Presiden. Gagasan tersebut dirumuskan dalam judul ‘Korea Selatan sebagai Inspirasi Percepatan Kemajuan Riset dan Inovasi di Indonesia’ dan ‘Strategi Riset dan Inovasi Menuju Indonesia Emas 2045’.

Gregorius Rionugroho Harvianto, salah seorang ilmuwan yang hadir mengungkap gagasan-gagasan tersebut bersumber dari pengalaman ia dan rekan-rekannya selama menjalani riset di Korea Selatan.

Rio, sapaan akrabnya, hadir bersama 21 orang peneliti dan ilmuwan lainnya yang memiliki beragam latar belakang pendidikan, mulai dari teknik kimia, arsitektur, sistem informasi, mitigasi bencana, hingga kesehatan.

Tepat dii Korea Selatan, Rio mengatakan ada University of Science & Technology (UST) yang berfokus merekrut lulusan S-1 untuk kemudian ditempatkan di lembaga-lembaga riset. (NRY-harianindo.com)