Jakarta- Indonesian Popular Survey (IPS) menyelenggarakan jajak pendapat terkait dengan pandangan politik Generasi Z. Generasi Z merupakan muda-mudi yang lahir dalam rentang 1997-2012.

Salah satu temuan yang menarik adalah secara umum Generasi Z menginginkan bahwa Ahok bisa mendapatkan jabatan dalam pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

“Ada 54% generasi Z menginginkan Basuki Tjahaja Purnama masuk dalam jajaran pemerintahan Jokowi-Maruf. Selain itu, ada nama Ridwan Kamil dengan persentase 11% dan diikuti pula oleh Sandiaga Uno dengan 8,2%,” jelas Direktur IPS Silvanus Alvin dalam keterangan tertulis kepada Beritasatu.com di Jakarta Rabu (27/11/2019).

“Jadi generasi Z itu sedang bersenang hati, karena terpilihnya BTP sebagai Komisaris Utama Pertamina,” sambung lulusan master dari Universitas Leicester tersebut.

Alvin melanjutkan bahwa nama Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie pun mendapatkan dukungan dari generasi Z sebesar 7,8% untuk memperoleh jabatan di pemerintahan. Menyusul kemudian, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharani sebesar 7,4%.

Baca Juga : AHOK TETAP SIAP JADI BOS BUMN MESKI ADA PENOLAKAN

Sementara itu, peneliti IPS Teguh Hidayatul Rachmad menyatakan bahwa melakukan jajak pendapat terhadap Generasi Z bahwa seperti apa sosok-sosok yang mereka inginkan untuk duduk dalam jajaran pemerintahan. Hasilnya, generasi Z menginginkan para pejabat mempunyai sifat jujur sebanyak 36,9%.

Selain itu juga mempunyai jiwa anti korupsi sebesar 33,1% dan visioner 14,2%. “Temuan ini penting bahwa generasi Z tersebut tidak menginginkan seorang pemimpin yang suka berbohong. Nah, kalau sudah suka berbohong pasti ujungnya itu bisa melakukan praktik korupsi,” tutur Teguh.

Master Kajian Budaya dan Media dari Universitas Gadjah Mada tersebut menyatakan, “Jujur dan anti-korupsi ini tali temali. Jadi IPS berharap para elite-elite politik yang mendapat jabatan di pemerintahan Jokowi untuk jujur, tidak korupsi, dan membawa perubahan,” tutupnya. (Hr-www.harianindo.com)