Jember – Warga Perumahan Tegal Besar Permai 1, Kelurahan Tegal Besar, Kecamatan Kaliwates, Jember, sempat digegerkan dengan penemuan ular kobra sebanyak puluhan. Bahkan, beberapa ekor ular tersebut memasuki rumah warga.

Windi Asri, salah satu warga, menuturkan bahwa kejadian tersebut sudah terjadi dalam dua pekan terakhir. Pada saat itu, ia menemukan ular-ular dengan berbagai ukuran di dalam rumahnya.

“Serangan ular ini terjadi sejak 2 minggu belakangan. Kalau di rumah saya itu ada 8 ekor panjangnya kira-kira 30 sentimeter,” kata Windi pada Jumat (29/11/2019).

Ular-ular tersebut memasuki sejumlah ruangan di rumahnya. Seperti ruang toko hingga kamar mandi.

“Di toko saya ada 2 ekor, 5 ekor di kamar mandi, 1 ekor lagi di kamar mandi yang lain,” tuturnya.

Mendapati banyak ular di rumahnya, Windi kemudian membunuh ular-ular tersebut dengan gagang sapu dan kemudian dibuang. Tak hanya itu, Windi juga sempat menemukan telur ular yang baru pecah dan bekas kulit ular.

Sementara itu, warga lain bernama Sri juga menemukan ular di tumpukan bata sebelah rumahnya. Petugas damkar pun dipanggil untuk mengamankan ular sepanjang 1,2 meter tersebut.

“Warnanya kuning keemasan gitu, tapi kobra. Waktu itu ditemukan di tumpukan bata dan keramik sebelah rumah. Karena warga takut mengambilnya. Kita panggil petugas damkar,” kata Sri.

Lebih lanjut, Sri bercerita bahwa pada Kamis (29/11/2019) malam kemarin, warga sekitar menemukan dua ekor ular kobra dengan panjang dua kali lipat dari sebelumnya. Warga berhasil membunuh seekor ular sedangkan seekor lain kabur.

“Ularnya pas di jalan, satu ekor dibunuh warga, dan seekor lagi kabur ke arah timur. Kami takut dan semoga serangan ular ini segera selesai,” tutur Sri.

“Kalau ditotal, sejak serangan dua minggu lalu itu, mungkin sekarang sudah ada puluhan ular. Karena di rumah Pak Agus empat ekor, rumah Pak Kariadi satu ekor, rumah Pak Edi tiga ekor, Pak Abdilah satu ekor, belum lagi di rumah warga lainnya,” pungkasnya. (Elhas-harianindo.com)