Jakarta – Puluhan orang dari Front Mahasiswa Islam (FMI) Nasional menggelar aksi demo guna mendesak pemulangan Habib Rizieq. Aksi tersebut diselenggarakan tepat pada Jumat (29/11/2019).

Dalam aksi tersebut, massa mahasiswa mengusung spanduk bertuliskan ‘Jangan Halangi Habib Rizieq Shihab Pulang Indonesia’. Mereka menuntut Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel untuk mundur karena tak dapat memulangkan Rizieq.

“Kami anggap dubes RI untuk Arab Saudi tidak melindungi putra bangsanya, Habib Rizieq Shihab. Padahal itu tugasnya, dia malah bermain opini,” ujar salah satu koordinator aksi Lutfi Hasbi Hasbullah.

Baca Juga : Survei : “Masyarakat Sudah Bosan Dengan Isu Habib Rizieq”

Di sisi lain, Lutfi berkeinginan agar Menkopolhukam Mahfud MD bertanggung jawab. Mereka mendesak Mahfud mundur dari jabatannya jika tak sanggup memulangkan Rizieq.

“Memperingatkan bahwa Mahfud MD ini tidak becus, kalau enggak becus lengser saja,” katanya.

Para mahasiswa melayangkan tuntutan yakni laksanakan amanat UUD 1945 sebagaimana disebut dalam Pasal 28D ayat 1 dan Pasal 28E ayat 1, meminta pemerintah meminta maaf kepada umat Islam karena gagal melindungi ulama, menuntut pemecatan Dubes RI untuk Arab Saudi, menghentikan upaya pencegahan pada Rizieq, dan meminta negara menjamin keselamatan dan keamanan kepulangan Rizieq. (NRY-harianindo.com)