X
  • 7 days ago
Categories: NasionalRagam Berita

Anies Baswedan Ubah Penataan Kawasan Tanah Abang, Begini Konsepnya

Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membeberkan rencana penataan kawasan Tanah Abang di Balai Kota pada Kamis (21/12/2017) kemarin.

“Ini mudah-mudahan bisa menjadi solusi yang dirasakan langsung masyarakat yang datang rutin ke Tanah Abang,” jelas Anies.

Dalam rencana penataan tahap pertama ini, Jalan Jatibaru Raya yang berada di depan Stasiun Tanah Abang akan ditutup pada pukul 08.00-18.00 WIB. Penutupan dilakukan pada kedua jalur, baik yang ke arah Jatibaru maupun Jalan Kebon Jati, sehingga kendaraan pribadi dan angkutan umum tidak dapat melintas.

Penutupan jalan diperuntukkan bagi 400 pedagang kaki lima untuk berjualan di kawasan itu hingga jam yang telah ditentukan. Nantinya para PKL tersebut akan disediakan tenda gratis dari Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah serta Perdagangan DKI.
Sedangkan jalur ke arah Jatibaru akan digunakan sebagai jalur bus Transjakarta menuju Jalan Kebon Jati.

“Busnya tidak dipungut biaya. Penumpang kereta turun, pindah Transjakarta zero cost,” kata Anies.

Sedangkan untuk pejalan kaki yang membutuhkan ojek akan disediakan pula pangkalan ojek konvensional maupun online, tidak jauh dari stasiun.

“Keluar stasiun belok kiri 150 meter,” terangnya.

Sedangkan menurut Kepala Dinas Perhubungan DKI Andri Yansyah, arus lalu lintas akan kembali normal di luar jam penutupan tersebut.

“Normal kayak biasa. Tenda-tendanya nanti dibongkar dan mobil bisa lewat lagi,” kata Andri soal penataan Tanah Abang.
(samsul arifin – www.harianindo.com)

Samuel Philip Kawuwung :