Home > Ragam Berita > Nasional > Kesaksian Tokoh NU Dipertanyakan Jaksa Dalam Sidang Ahok

Kesaksian Tokoh NU Dipertanyakan Jaksa Dalam Sidang Ahok

Jakarta – Jaksa Penuntut Umum (JPU) mempermasalahkan status kesaksian ahli agama yang diajukan kuasa hukum Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dalam persidangan ke-15 kasus penodaan agama di Auditorium Kementerian Pertanian, pada Selasa (21/3/2017).

Kesaksian Tokoh NU Dipertanyakan Jaksa Dalam Sidang Ahok

Sidang Ahok

Ahli Agama yang dimaksud JPU itu ialah KH. Ahmad Ishomuddin. Ketua JPU, Ali Mukartono mempertanyakan surat tugas resmi dari institusi yang membawahkan Ishomuddin. Dia mencatat Ishomuddin merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bertugas sebagai pengajar Fakultas Syariah IAIN Raden Intan Lampung. Selain itu, di catatan JPU, Ishomuddin juga menjabat Wakil Ketua Komisi Fatwa MUI dan Rais Syuriah PBNU.

Seharusnya, menurut Ali, Ishomuddin mempunyai surat izin tugas dari atasan di institusi tempatnya bernaung untuk hadir dalam persidangan itu.

Tak cukup itu, Ali juga meminta majelis hakim di persidangan tersebut mencatat sikap tak konsisten dari Tim Kuasa Hukum Ahok sebab mengajukan saksi ahli yang merupakan bagian dari kepengurusan MUI. Padahal, sebelumnya, Tim Kuasa Hukum Ahok selalu menolak kesaksian ahli dari MUI, yang dihadirkan JPU, dengan alasan organisasi ini sejak sebelum persidangan menuduh Ahok menghina al-Qur`an dan ulama.

Menjawab hal ini, Ishomuddin menegaskan bahwa dirinya tidak bersaksi mewakili institusi mana pun. Dia menyatakan bersaksi atas nama pribadinya.

Ishomudin juga mengaku telah meminta izin pimpinan IAIN Raden Intan Lampung untuk libur sementara dari tugasnya sebagai ASN di kampus tersebut demi bersaksi di sidang Ahok. Permintaan izin itu disampaikan oleh Ishomuddin via telepon.

“Saya sudah jelaskan tadi kepada majelis hakim bahwa saya datang ke sini sebagai pribadi karena diundang sebagai saksi ahli agama,” katanya. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

x

Check Also

Golkar Jabar Imbau Seluruh Kadernya Ikuti Keputusan DPP

Golkar Jabar Imbau Seluruh Kadernya Ikuti Keputusan DPP

Purwakarta – DPP Partai Golkar meminta seluruh kadernya di Jawa Barat mematuhi keputusan DPP yang ...