Manila  – Di ajang SEABA Championship tim basket Indonesia sukses memetik kemenangan  pada Sabtu (13/5/2017). Skuad Merah Putih berhasil menjugkalkan tim Malaysia dengan skor 63-42 dalam laga keduanya di turnamen ini,  di Smart Araneta Coliseum, Manila, Filipina.

Skuad Basket Merah Putih Berhasil Tumbangkan Malaysia

Skuad Tim Basket Indonesia

Pada laga perdana, Jumat 12 Mei kemarin, Mario Wuysang cs mampu menang atas tim Singapura dengan skor 71-50. Dalam duel tersebut, skuat Merah Putih belum dapat diperkuat 2 pilar andalannya yakni Arki Dikania Wisnu dan Jamarr Andre Johnson yang dokumennya masih dalam verifikasi oleh FIBA (Federasi Basket Dunia).

Di kuarter pertama, tim besutan coach Wahyu Widayat Jati tersebut mampu unggul cepat atas skuat Negeri Jiran, 14-6. Tekanan bertubi-tubi Diftha Pratama dan Christian Ronaldo Sitepu mampu membuka celah pertahanan Malaysia.

Keunggulan pun berlanjut ke kuarter kedua, kali ini Indonesia sukses menambah 14 poin, untuk menutup paruh laga dengan skor 24-19. Abraham Damar Grahita kerap menyumbang poin dan menjadi tumpuan permainan tim.

Memasuki dua kuarter akhir, Malaysia tampak mampu terus mengembangkan permainan. Skema serangan terangkai apik dan berhasil merengkuh 18 poin tambahan di kuarter ketiga, sementara Indonesia hanya menambah 16 poin dengan skor 44-41 tetap keunggulan armada coach Cacing.

Dan dalam kuarter pamungkas, Diftha Pratama kian memimpin dalam daftar top scorer dengan mampu mencatatkan 26 poin untuk membawa Indonesia mengunci kemenangan lewat skor 63-42

Dalam laga ketiga besok, Indonesia akan menantang tim Thailand yang akan berlangsung mulai pukul 16.00 WIB untuk berjuang keras menjadi juara Grup A dari tekanan tim tuan rumah Filipina.

(Bimbim – harianindo.com)