Home > Ragam Berita > Ekonomi > Menpan RB Sebut 62% PNS Tidak Memiliki Kemampuan Khusus

Menpan RB Sebut 62% PNS Tidak Memiliki Kemampuan Khusus

Jakarta – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Asman Abnur menyebutkan bahwa di setiap daerah memiliki permasalahan yang sama, yakni terkait kualitas para Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Menpan RB Sebut 62% PNS Tidak Memiliki Kemampuan Khusus

Menurut Asman Abnur, banyak Pemda dan institusi daerah yang memiliki predikat Wajar Tanpa Pengecualias (WTP) namun hasil kerjanya tidak bisa dirasakan masyarkat. Hal ini karena 62 persen PNS hanya memiliki kemampuan administratif, tidak memiliki kemampuan khusus.

“62% PNS kita kemampuanya adminsitratif,” kata Asman saat dihubungi di kantornya, Jakarta, Selasa (6/6/2017).

Padahal menurut Asman, untuk mendongkrak kinerja sebuah instansi tidak bisa dengan hanya mengandalkan kemampuan surat menyurat saja, tapi PNS harus memiliki kemampuan khusus.

Untuk PNS yang bekerja di instansi infrastruktur harus juga menguasai teknik sipil atau arsitektur sehingga bisa ikut mengawasi pekerjaan yang ditangani.

Karena itu, ke depannya Kementerian Aparatur Negara tengah bekerja sama dengan ANRI (Arsip Nasional Republik Indonesia) dan beberapa lembaga lainnya guna membuat pendidikan arsiparis, agar PNS yang tidak memiliki kemampuan khusus tersebut dapat dididik.

“Nanti di daerah kita suruh kirim, yang tadinya enggak punya kemampuan kita suruh masuk situ. Jadi SDM ini harus kita upgrade,” tukasnya.
(samsul arifin – www.harianindo.com)

x

Check Also

Dewan Keamanan PBB Akan Susun Kerangka Resolusi Terkait Status Yerusalem

Dewan Keamanan PBB Akan Susun Kerangka Resolusi Terkait Status Yerusalem

New York – Dewan Keamanan PBB segera mengambil langkah penting terkait semakin memanasnya masalah status ...