Home > Ragam Berita > Nasional > Menkes Sebut Angka Kematian Akibat Arus Mudik Menurun

Menkes Sebut Angka Kematian Akibat Arus Mudik Menurun

Jakarta – Nila Djuwita F Moeloek selaku Menteri Kesehatan mengklaim jika angka kematian akibat kecelakaan lalu lintas pada arus balik mudik Lebaran 2017 mengalami penurunan. Hal tersebut menurut sang menteri adalah disebabkan oleh koordinasi yang baik dari berbagai pihak terkait pengamanan mudik dan arus balik.

Menkes Sebut Angka Kematian Akibat Arus Mudik Menurun

Kecelakaan

Salah satu titik yang disebutkan Nila terdapat di lingkar Nagreg, Jawa Barat.

“Tadi beberapa titik dilaporkan, jelas sekali angka kematiannya turun. Tadi di daerah Nagreg kita lihat 69 persen turun. Sesudahnya kita lihat 79 persen turun,” ungkapnya di Cikarang Bekasi, Jumat (30/6/2017).

Di tahun sebelumnya, Nila memmaparkan ada 42 kematian karena kecelakaan lalu lintas (laka lantas) di daerah Jabar. Tahun ini, jumlahnya menurut dia turun hingga sembilan. Jadi, dia mengatakan, hal ini terwujud karena koordinasi yang baik dari stakeholder terkait dan masyarakat itu sendiri.

Ia juga mengungkapkan, Kemenkes menyediakan ribuan pos kesehatan untuk arus mudik dan arus balik ini. Pos itu akan bersiaga hingga 4 Juli 2017. “Ada 3.826 pos kesehatan. Dirjen saya dari Semarang ke Pekalongan juga melihat pos kesehatan dan di pelabuhan ada kantor kesehatan pelabuhan,” ucap Nila.

Tak ketinggalan, Nila juga mengimbau masyarakat pemudik untuk selalu waspada. Masyarakat harus memastikan segala persiapan sebelum mereka bepergian jauh.

Baca juga: Puluhan Militan ISIS Dilaporkan Mudik ke Indonesia

“Seperti Pak Kapolri katakan kendaraan tolong dicek dulu prima, pengemudi juga prima tidak minum obat yg membuat kantuk, makanan secukupnya dan isi bensin,” pungkasnya. (Yayan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Dituding Halang-halangi Proses Penyidikan, KPK Bakal Usut Pengacara Setya Novanto

Dituding Halang-halangi Proses Penyidikan, Pengacara Setya Novanto Bakal Diusut KPK

Jakarta – Sepertinya Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bakal menindaklanjuti dengan serius terkait dengan banyaknya laporan ...