Home > Ragam Berita > Internasional > Pemimpin Sekte Aum Shinrikyo Akhirnya Dieksekusi Mati Dengan Cara Digantung

Pemimpin Sekte Aum Shinrikyo Akhirnya Dieksekusi Mati Dengan Cara Digantung

Tokyo – Pemimpin sekte Aum Shinrikyo, Shoko Asahara, akhirnya dieksekusi mati dengan cara digantung. Sedangkan para pengikutnya akan dieksekusi mati juga pada Jumat (6/7/2018).

Pemimpin Sekte Aum Shinrikyo Akhirnya Dieksekusi Mati Dengan Cara Digantung

Dilaporkan AFP Jumat (6/7/2018), jeda waktu selama 23 tahun hingga Asahara dieksekusi karena terdakwa masih berhak menjalani proses hukumnya di Pengadilan.

Seperti diketahui, Asahara bersama dengan pengikutnya bertanggungjawab terhadap aksi teror gas sarin di stasiun kereta bawah tanah Tokyo pada 20 Maret 1995 lampau yang mengakibatkan 13 orang tewas dan puluhan lainnya dirawat di rumah sakit.

Menurut saksi mata Sakae Ito, keadaan menjadi kacau setelah penumpang mencium bau seperti pengencer cat yang kemudian membuat para penumpang merasa seperti tercekik, kejang-kejang tak terkendali, mengalami mata berair, hingga muntah.

Menurut laporan BBC pada saat itu, 13 orang tewas dan sejumlah penumpang lainnya harus dirawat intensif di rumah sakit karena mengalami kelumpuhan dan kebutaan.

Asahara mendirikan sekte spiritual Aum Shinrikyo, yang berarti Kebenaran Tertinggi, pada 1980-an dengan menggabungkan ajaran Hindu dan Buddha. Yang kemudian belakangan juga memasukkan ajaranKristiani ke dalamnya.

Asahara bahkan mengklaim dirinya sebagai Yesus Kristus dan Buddha karena telah mendapat ‘Pencerahan’.

Sebagai sekte spiritual, Aum Shinrikyo dipercaya memiliki puluhan ribu pengikut yang tersebar di seluruh dunia.
(samsul arifin – www.harianindo.com)

x

Check Also

Putin Bakal Pakai Nuklir bila Rusia Diserang

Putin Bakal Pakai Nuklir bila Rusia Diserang

Moskow – Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan pihaknya akan menggunakan senjata nuklir, jika sistem peringatan ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135