Home > Gaya Hidup > Tips > Mengganti Menu Makanan Jadi Cara Efektif Atasi Rambut Rontok

Mengganti Menu Makanan Jadi Cara Efektif Atasi Rambut Rontok

Jakarta – Doris J. Day, seorang dermatologist mengungkapkan jika seiring pertambahan usia, ketebalan rambut dan akar rambut mulai menipis, sehingga memicu rambut rontok yang parah.

Mengganti Menu Makanan Jadi Cara Efektif Atasi Rambut Rontok

Karena itu Anda harus mewaspadai longgarnya ikatan rambut yang bisa jadi menjadi penanda apabila rambut mulai tipis. Berikut juga kami lampirkan cara efektif untuk melawan kerontoka rambut :

1. Mengganti Menu Makanan
Makanan dan minuman yang dikonsumsi dapat mempengaruhi kondisi kesehatan tubuh, termasuk rambut. Sebagai cara merawat rambut rontok, hal pertama yang wajib kamu lakukan adalah mengubah diet dengan memasukkan makanan atau minuman yang kaya akan protein, zat besi, zinc, dan vitamin B12. Nutrisi yang didapat dari daging, sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, biji-bijian, dan ikan dapat memperkuat rambutmu.

2. Rajin Memijat Kulit Kepala
Cara merawat rambut rontok yang satu ini dapat kamu lakukan saat mencuci rambut. Hemat waktu, praktis, dan tentunya efektif mengatasi rambut rontok parah. Cukup lakukan pemijatan dengan lembut di bawah shower, yang akan meningkatkan peredaran darah di kulit kepala. Tidak hanya menunjang pertumbuhan rambut, tapi juga membantu penyerapan nutrisi yang terkandung dalam shampoo untuk rambut rontok.

3. Minimalkan Alat Penata Rambut
Faktor yang satu ini mungkin tanpa sadar kamu lakukan, sehingga menjadi penyebab rambut rontok. Penggunaan hair dryer dan iron, apalagi untuk rambut yang diwarnai, akan menyebabkan rambut rontok parah dan menipis. Jadi kurangi pemakaian alat-alat penata rambut dan biarkan rambut indahmu tergerai alami.

4. Tambah Suplemen Makanan
Rendahnya asupan nutrisi makanan sebagai penyebab rambut rontok dapat terjadi karena beberapa hal. Mulai dari kondisi penyakit tertentu, sedang menjalani program diet, atau alergi. Gunakan suplemen makanan sebagai salah satu cara mengurangi rambut rontok. Pastikan memilih produk yang kaya akan zat besi, vitamin, dan protein ya.

5. Perawatan Rambut Rontok dengan Laser
Terganggu dengan masalah rambut rontok parah? Siapkan dana untuk perawatan rambut rontok, dengan memilih perawatan laser. Cara ini akan mengurangi peradangan di folikel rambut, penyebab rambut rontok berlebihan, yang juga menghambat regenerasi. Menurut penelitian, dibutuhkan 26 minggu, 2 kali seminggu, untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

6. Bebas dari Stres
Just breathe. Walau terdengar sepele, stres dapat mempengaruhi kondisi rambut, membuatnya makin menipis dan memicu rambut rontok parah. Lakukan meditasi dan mintalah dukungan dari orang-orang di sekitarmu untuk melepaskan diri dari stres.

7. Bantuan Hormon
Hormon tubuh juga dapat menjadi penyebab rambut rontok berlebihan. Biasanya hal ini akan terjadi saat tubuh mengalami perubahan fungsi tubuh yang signifikan, seperti rambut rontok setelah melahirkan, mengonsumsi pil KB, atau memasuki fase menopause. Konsultasikan pada dokter untuk mendapatkan perawatan rambut rontok yang tepat ya.

8. Suntikan Cortisone
Beauty is pain, right? Jika ingin bebas dari siksaan rambut rontok parah, kamu bisa mencoba datang ke dokter kulit untuk mendapatkan suntikan cortisone di kulit kepala. Biasanya terapi ini juga dipilih oleh penderita radang di kulit kepala. Walau terasa sedikit sakit, cara ini efektif menghambat aktivitas hormon penyebab rambut rontok.

9. Pengobatan Rambut Rontok Cara Tradisional
Ada beberapa orang yang lebih mempercayai pengobatan tradisional, yang menggunakan bahan-bahan dan cara alami, ketimbang mengonsumsi obat kimia. Maureen Conant, praktisi dari Full Bloom Acupuncture di Seattle menyarankan untuk melakukan akupresur dan mengonsumsi minuman herbal, untuk menghentikan rambut rontok parah.

10. Konsultasi pada Dokter
Apabila sudah mencoba berbagai cara dan masih belum menemukan cara mengatasi rambut rontok dengan tepat, ini saatnya untuk menemui dokter. Bisa jadi ini merupakan gejala dari gangguan kesehatan yang lebih serius. Mulai dari ketidakseimbangan hormon, ketidaknormalan kalenjar tiroid, anemia, dan lupus. Periksakan pada dokter untuk mendapatkan jawaban yang selama ini kamu cari.
(Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

x

Check Also

Beberapa Penyakit Ini Bisa Timbul karena Gigi yang Tidak Sehat

Beberapa Penyakit Ini Bisa Timbul karena Gigi yang Tidak Sehat

Jakarta – Menjaga kesehatan gigi merupakan hal penting yang harus dilakukan oleh setiap orang. Pasalnya, ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135