Home > Ragam Berita > Internasional > Bentrok Nelayan di Pantai Normandia Picu Ketegangan Antara Prancis dan Inggris

Bentrok Nelayan di Pantai Normandia Picu Ketegangan Antara Prancis dan Inggris

Paris – Prancis dan Inggris tegang setelah terjadi bentrokan antar nelayan kedua negara dipicu penangkapan kerang di lepas pantai Normandia.

Bentrok Nelayan di Pantai Normandia Picu Ketegangan Antara Prancis dan Inggris

Menteri Pertahanan Prancis, Stephane Travert, mengatakan, angkatan laut Prancis siap untuk campur tangan dalam kasus bentrokan antara nelayan Perancis dengan nelayan Inggris pada 4 September 2018.

Prancis telah menempatkan angkatan lautnya dalam sikap siaga di lepas pantai Normandia, guna mencegah akan lebih banyaknya bentrokan. Hal ini dipicu atas tuduhan nelayan Perancis kepada nelayan Inggris yang menangkap kerang dengan kapal Baie de Seine selama musim panas.

Menteri Pertanian dan Makanan Inggris, Junior George Eustice mengatakan pada Rabu, 5 September, para pejabat dari kedua negara telah bertemu dan kemudian ia yakin tidak akan terjadi bentrokan susulan.

Baca juga: Pemerintah China Berang dengan Aktivitas Kapal Perang Inggris

Permasalahan utama dalam konflik Inggris-Prancis adalah peraturan penangkapan ikan yang berbeda untuk bisnis. Insiden ini terjadi 12 mil laut lepas pantai Normandia di mana awak kapal Inggris diizinkan untuk memancing sepanjang tahun, sementara Perancis dibatasi dari musim panen mulai 1 Oktober hingga 15 Mei.

Video dari insiden nelayan bentrok yang disiarkan oleh Perancis 3 Normandie pekan lalu, menunjukkan bom asap dan batu yang dilemparkan ke awak kapal Inggris, sementara sejumlah perahu tampaknya ditabrak. Kelima kapal Inggris yang kalah jumlah dari militer Prancis, saling kejar. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

x

Check Also

Lembaga Hak Asasi Manusia Imbau PBB Selidiki Kasus Khashoggi

Lembaga Hak Asasi Manusia Imbau PBB Selidiki Kasus Khashoggi

Washington – Empat lembaga hak asasi manusia dan kebebasan pers mendesak Turki meminta penyelidikan dari ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135