Thailand dan Malaysia Berencana Evakuasi Warganya yang Ada di Mesir

PM Yingluck

Bangkok – Krisis Mesir yang terus memanas akhir-akhir ini, membuat Perdana Menteri Thailand Yingluck Shinawatra akan segera mengevakuasi warganya yang berada di Mesir. Dalam rangka pengevakuasian tersebut, PM Yingluck akan menyiapkan pesawat C-130 Hercules.

Sayang rencana tersebut nampaknya belum dapat direalisasi dalam waktu dekat ini. Karena saat ini pihak Thailand masih akan terus memantau perkembangan terakhir yang terjadi di Mesir. Terkait evakuasi tersebut, Yingluck mengakui bahwa ia telah memberikan mandat kepada Kementerian Luar Negeri Thailand agar terus memperhatikan perkembangan konflik yang memanas di Mesir.

Karena sampai saat ini warga Thailand yang ada di Mesir belum satupun yang telah mengatur kepulangannya dari Mesir. Tidak hanya Thailand saja yang akan melakukan evakuasi warganya, karena pemerintah Malaysia juga telah mempersiapkan kepulangan mahasiswanya yang belajar di Mesir jika konflik Mesir semakin memanas.

Dimana Perdana Menteri Najib Razak telah memberikan perintah berbagai langkah pencegahan jika Mesir dilanda kerusuhan lagi. Seperti yang dilansir dari Bernama, Sabtu (17/8/2013), PM Najib mengungkapkan bahwa jika memang situasi dan kondisi Mesir sangat mempengaruhi para pelajar Malaysia, maka mereka semua akan dipulangkan.

Pihak Malaysia sendiri telah melakukan berbagai persiapan melihat situasi yang berkembang saat ini. PM Najib juga menghimbau agar satu atau dua hari kedepan, kondisi Mesir akan terus dipantaunya. Tidak hanya itu saja, PM Najib juga memberikan peringatan kepada seluruh warganya, agar apa yang terjadi di Mesir dapat dijadikan pelajaran yang berharga. (Rini Masriyah – www.harianindo.com)