Www.HarianIndo.Com

 

Terima Kasih Telah Berkunjung di Portal Berita Indonesia www.HarianIndo.Com. Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi.

 

Silahkan Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

 

Jangan Lupa Like Fanspage HarianIndo, dan juga Follow Twitter serta G+ Kami.

 

Salam Admin,

HarianIndo

Aktual, Faktual dan Humanis

Home > Travel & Kuliner > Resep Kue Kering Khas Lebaran: Kastengel, Jajanan Wajib Hari Raya

Resep Kue Kering Khas Lebaran: Kastengel, Jajanan Wajib Hari Raya

Resep Kue Kering Khas Lebaran: Kastengel, Jajanan Wajib Hari RayaSurabaya – Sajian kue kering seakan menjadi makanan wajib untuk merayakan Lebaran. Beragam sajian kue kering seperti nastar, putri salju dan kastengel hampir dipastikan selalu ada di tiap tahunnya, disamping beberapa resep kue baru untuk selingan jika bosan dengan menu yang itu-itu saja. Namun siapa yang tak suka kastengel, kue kering rasa keju ini telah jadi menu favorit dan seakan tak pernah membosankan untuk dinikmati.

Kastengel biasanya berbentuk kotak panjang dengan taburan keju kering sebagai topping, namun kini berbagai kreasi kastengel telah bermunculan dengan bentuk yang beragam juga. Harian Indo mengutip dari TabloidNova.com (Kamis, 24/7/2014) akan mencoba memaparkan resep untuk membuat kastengel klasik yang tetap asik untuk dinikmati, berikut bahan-bahan yang dibutuhkan dan cara untuk membuatnya.

Bahab-Bahan:
50 gr mentega
100 gr margarine
190 gr tepung terigu protein sedang
175 gr keju parut
1 butir kuning telur
1 sdm susu cair
¼ sdt baking powder

Olesan:
2 butir kuning telur
1 sdt susu cair

Cara Membuat:
– Aduk margarine dan mentega, kemudian tambahkan kuning telur dan susu cair. Aduk lagi hingga rata
– Masukkan 100 gr keju parut, lalu aduk hingga rata. Kemudian masukkan tepung terigu dan baking powder sambil diayak dan aduk lagi hingga rata
– Ambil sedikit adonan dan bentuk sesuai selera. Susun di loyang oven yang telah diolesi mentega. Ulangi hingga adonan habis
– Oleskan adonan yang telah disusun di Loyang dengan bahan olesan dan taburkan keju parut.
– Panggang di oven bersuhu 140 derajat celcius dengan waktu 35 menit sampai matang. (400gram butuh 60 menit)

Tips:
Jika adonan yang akan dibentuk mulai lembek dan sulit untuk dibentuk, tutup adonan tersebut dengan plastik dan simpan dalam kulkan hingga kembali mengeras.

Selamat mencoba. (Choirul Anam – www.harianindo.com)