Berita ISIS Terkini: Sekutu ISIS di Mesir Eksekusi Warga AS



1/12/2014

Berita ISIS Terkini: Sekutu ISIS Eksekusi Warga ASKairo – Sebuah kelompok militan asal Mesir yang telah memproklamasikan dirinya sebagai pengikut dari kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS), dilaporkan telah mengeksekusi seorang warga Amerika Serikat (AS).

Sebagaimana dilansir dari The New York Times (Senin, 1/12/2014), menurut laporan yang dikeluarkan oleh SITE Intelligence Group, dilaporkan bahwa seorang pria bernama William Henderson, yang merupakan seorang pegawai ahli dari sebuah perusahaan minyak asing di Mesir, menjadi salah satu korban dalam sebuah pembajakan yang dilakukan oleh kelompok Ansar Beit al Maqdis. Peristiwa tersebut sejatinya telah terjadi pada Agustus 2014 lalu.

Ansar Beit al Maqdis, yang memang telah menyatakan kesetiaannya kepada ISIS sejak lama, pada Minggu, 30 November 2014, kemarin merilis foto paspor dan kartu identitas perusahaan yang dimiliki oleh Henderson. Kelompok militan tersebut pun mengatakan bahwa Henderson telah dieksekusi. Terkait pemberitaan ini, Pemerintah AS belum memberikan reaksi apapun.

Simak pula
Berita ISIS Terkini: Warga Kanada Dikabarkan Tertangkap ISIS di Suriah
Berita ISIS Terkini: Paus Minta Umat Pemimpin Muslim Turki Kutuk ISIS

Meski warga AS telah sempat beberapa kali dieksekusi oleh ISIS di Irak maupun Suriah, penargetan warga AS oleh simpatisan atau sekutu ISIS di luar Irak dan Suriah (dalam kasus ini, di Mesir) tergolong hal yang baru dan tentunya cukup mengejutkan. Hal ini juga menunjukkan bahwa meski daerah operasi utama ISIS saat ini “hanya” berada di Irak dan Suriah, ancaman dari simpatisan dan sekutu-sekutu mereka di luar dua negara tersebut tidak boleh dianggap remeh. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)



Google+ comment widget by skipser

Photo Gallery