Home > Ragam Berita > Ekonomi > Wow, Google Seharusnya Bayar Pajak ke Indonesia Sebesar Ini

Wow, Google Seharusnya Bayar Pajak ke Indonesia Sebesar Ini

Jakarta – Masalah pajak yang harus dibayar oleh raksasa internet Google kembali menjadi sorotan. Menurut catatan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu), pada tahun 2015 Google Asia Pacific Pte Ltd masih mempunyai tagihan pembayaran pajak sebesar Rp Rp 500 miliar.

Wow, Google Seharusya Bayar Pajak ke Indonesia Sebesar Ini

Kepala Kantor Wilayah Pajak Khusus Jakarta Muhammad Haniv menjelaskan, pendapatan Google di Indonesia pada tahun 2015 mencapai Rp 6 triliun. Kalau keuntungan yang diambil oleh Google sebesar 30%, maka keuntungan bersihnya mencapai Rp 2 triliun.

“Jadi, kalau pendapatannya Rp 6 triliun, kamu bisa bayangkan, misalnya marginnya 30% berarti nett profitnya Rp 2 triliun. Kalau nett profit-nya‎ pada 2015 Rp 2 triliun, berarti dia seharusnya membayar pajak Rp 500 miliar,” katanya saat dihubungi di Jakarta, Senin (19/9/2016).

Namun hingga kini Google belum pernah memenuhi kewajibannya tersebut kepada pemerintah Indonesia karena mereka beralasan bahwa perusahaannya belum berbentuk Badan Usaha Tetap (BUT), sehingga tidak bisa diberlakukan pajak.

“Kamu bisa bayangkan, Rp 6 triliun itu uang banyak. Nah, berapa pajak yang dibayarkan Google Asia Pacific terhadap Indonesia? Enggak ada. Mereka enggak bayar pajak sama sekali,” imbuhnya.

“Karena, mereka alasannya tidak ada BUT, jadi tidak bayar pajak. Semua penghasilan masuk ke Singapura tanpa mereka ada sedikitpun melakukan kewajiban membayar pajak. Ini enggak adil, enggak fair,” terang Haniv.
(Samsul Arifin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CAPTCHA Image
Refresh Image

*

x

Check Also

Ahok Satu Mobil Bersama Mega Saat Daftar ke KPU DKI

Ahok Satu Mobil Bersama Mega Saat Daftar ke KPU DKI

Jakarta – Hari ini, Rabu (21/9/2016), pasangan cagub dan cawagub petahana Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Portal Berita Indonesia

 

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

 

Aktual, Faktual dan Humanis