Home > Teknologi > Sains > Meteor Raksasa yang Menghujani Bumi Ternyata Berasal dari 1 Sumber

Meteor Raksasa yang Menghujani Bumi Ternyata Berasal dari 1 Sumber

Jakarta – Bumi diketahui sering menjadi sasaran hantaman meteor sejak zaman purbakala. Meskipun sebagian besar meteor tidak sampai jatuh ke Bumi karena terbakar di atmosfer, ada beberapa meteor yang berhasil mendarat di permukaan Bumi. Dari hasil penelitian, baru-baru ini diketahui ternyata meteor tersebut berasal dari satu sumber.

Meteor Raksasa yang Menghujani Bumi Ternyata Berasal dari 1 Sumber

Meteor

Seperti dilansir dari IFL Science, Minggu (29/1/2017), para ilmuwan baru saja menemukan bukti kemiripan di beberapa meteor yang jatuh ke Bumi. Diperkirakan pada 466 juta tahun yang lalu, terdapat dua objek meteor raksasa yang saling bertabrakan. Objek raksasa tersebut kemudian pecah menjadi bagian-bagian kecil dan menghujani Bumi selama beberapa juta tahun.

Temuan tersebut didasarkan oleh tingginya kemiripan pada sekitar 50.000 meteorit yang berhasil ditemukan oleh ilmuwan hingga saat ini. Meteorit tersebut diperkirakan berasal dari dua objek raksasa yang saling bertabrakan di luar angkasa.

Seberapa besar ukurannya? Ilmuwan menyebutkan jika objek tersebut diperirakan memiliki setidaknya diameter sepanjang 150 kilometer. Tentu kehidupan Bumi akan musnah seketika jika objek tersebut bertabrakan langsung dengan Bumi.

Baca juga: Indonesia Miliki 5 Spesies Hiu Berjalan

“Ada banyak kesamaan dari meteorit yang ada di Bumi. Mereka semua diperkirakan berasal dari 466 juta tahun yang lalu dan ditemukan di belahan Bumi yang sama, dengan rata-rata berukuran 2 milimeter. Ini membuat kami menyimpulkan semua meteorit tersebut berasal dari satu objek besar,” ujar ilmuwan Philipp Heck dari Chicago Field Museum. (Yayan – www.harianindo.com)

x

Check Also

SafeToNet Bisa Bantu Hilangkan Ketergantungan Anak Pada Smartphone

SafeToNet Bisa Bantu Hilangkan Ketergantungan Anak Pada Smartphone

Jakarta – Teknologi kini semakin banyak digemari dari segala usia, termasuk memiliki smartphone yang super ...