Home > Teknologi > Sains > SafeToNet Bisa Bantu Hilangkan Ketergantungan Anak Pada Smartphone

SafeToNet Bisa Bantu Hilangkan Ketergantungan Anak Pada Smartphone

Jakarta – Teknologi kini semakin banyak digemari dari segala usia, termasuk memiliki smartphone yang super canggih. Namun, apakah perangkat tersebut bisa berbahaya jika digunakan oleh anak-anak Anda?

SafeToNet Bisa Bantu Hilangkan Ketergantungan Anak Pada Smartphone

Beberapa tahun terakhir, anak-anak menjadi kurang peduli dengan mainan yang diberikan oleh orang tuanya, mereka lebih memilih menghabiskan waktu dengan bermain ponsel dan berjelajah di internet seharian penuh.

Bertekad untuk mengubah hal tersebut, seorang pria asal Inggris yakni Richard Pursey membawa masalah ini ke tangannya sendiri. Ia menemukan sebuah aplikasi yang memungkinkan orang tua untuk mencegah anak-anak mereka ketergantungan pada smartphone.

Aplikasi tersebut dijuluki SafeToNet. Perangkat lunak ini memungkinkan orang tua untuk menonaktifkan aplikasi lain pada perangkat mobile anak-anak, memonitor situs web yang mereka akses dan mengatur durasi ponsel, serta mematikan ponsel secara langsung jika diminta.

Aplikasi ini merupakan respons terhadap meningkatnya kekhawatiran akan bahaya yang ditimbulkan oleh akses tak terbatas anak ke internet.

“Jika Anda ingin anak meletakkan telepon mereka di sana akan ada saat konflik. Perangkat lunak kami memungkinkan Anda mengunci perangkat anak dari jarak jauh, entah itu di meja atau berada di kamar tidur mereka,” kata Pursey.

SafeToNet menggunakan kecerdasan buatan untuk mempelajari pola perilaku normal anak, seperti yang mereka ajak bicara dan apa yang mereka katakan, agar dapat menyaring konten berbahaya.

“Jaringan sosial adalah daerah barat yang liar, mereka benar-benar di luar kendali. Saya melihat semua hal mengerikan ini dalam penelitian saya, saya benar-benar tercengang. Kami ada untuk memblokir konten berbahaya sebelum terlihat dan sebelum kerusakan dilakukan,” ujar Pursey.

Puluhan sekolah di seluruh Inggris kabarnya akan segera menguji aplikasi ini pada awal tahun ajaran baru.

(Ikhsan Djuhandar – www.harianindo.com)

x

Check Also

Viral, Foto Bayi Manusia dengan Singa Betina Ini Katanya Bukan Editan, Percaya ?

Viral, Foto Bayi Manusia dengan Singa Betina Ini Katanya Bukan Editan, Percaya ?

Jakarta – Sebuah akun di media sosial Facebook telah mengunggah dan menyebarkan beberapa foto yang ...