Home > Teknologi > Wow, Menkominfo Usulkan Proyek Satelit Multifungsi pada 2021

Wow, Menkominfo Usulkan Proyek Satelit Multifungsi pada 2021

Jakarta – Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara membuat trobosan terbaru. Pihaknya melayangkan usul untuk membuat proyek satelit multifungsi. Itu adalah Proyek Strategis Nasional. Harapannya, pada 2021, Indonesia bisa memiliki satelit sendiri.

Wow, Menkominfo Usulkan Proyek Satelit Multifungsi pada 2021

Gambar ilustrasi

“Ada satelit. Kita akan punya satelit sendiri. Prosesnya dimulai 2017, penetapannya kan 2018, nanti dia kan harus pabrikasi (proses pembuatan barang) 2 tahun. Jadi, 2021 kita punya satelit sendiri. Punya pemerintah dan dipakai untuk kepentingan pemerintah utamanya," ungkapnya pada Senin (27/2/2017).

Baca juga : KPK Masih Lakukan Penyelidikan Aset Anak dan Istri Wali Kota Madiun

Anggaran yang dibutuhkan untuk proyek tersebut pun tidak sedikit. Dana yang dibutuhkan diperkirakan mencapai USD400 juta. Sementara waktu yang dibutuhkan dari tender sampai peluncuran diperkirakan memakan waktu 36-48 bulan.

“Tapi kan tergantung segmennya seperti apa. 2017 itu kuartal ke-3 mulai tender, kemudian penetapan pemenang. Kontraknya itu 2018 pertengahan rencananya. Setelah itu financial closing, baru fabrikasi. Fabrikasi itu sendiri untuk awal satelit, kan enggak bisa menang tender sekarang terus beli ke Glodok langsung. Itu kan butuh 36-48 bulan sampai peluncurannya,” tukasnya.

Menurut dia, biaya yang dibutuhkan besar jumlahnya karena proyek satelit tersebut akan dipergunakan untuk banyak kegunaan. Salah satunya untuk mendukung akses internet berkecepatan tinggi atau 4G di daerah pedesaan.

(Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

x

Check Also

Apa Mungkin Gadis Pada Lukisan Tahun 1850 Ini Sedang Melihat Telepon Genggamnya?

Apa Mungkin Gadis Pada Lukisan Tahun 1850 Ini Sedang Melihat Telepon Genggamnya?

Jakarta – Sebuah lukisan karya pelukis terkenal Ferdinand George Waldmuller pada tahun 1850 yang lampau ...