Jember – Kerukunan dan toleransi antar umat beragama ditunjukkan oleh warga Jember dimana komunitas Wanita Katolik Republik Indonesia (WKRI) Cabang Jember mendirikan warung kasih yang bertujuan menyediakan menu berbuka dengan harga murah kepada warga di sekitar.

Warung Murah Untuk Buka Puasa Ini Dikelola Oleh Umat Katolik

Dalam rangka pembukaan Warung Kasih, WKRI mengadakan acara berbuka puasa bersama di Rumah Sakit Panti Siwi (RSPS), Jember, Rabu (31/5/2017).

Menurut keterangan Ketua WKRI Cabang Jember Tuti Suparmin, warung ini sebenarnya sudah ada sejak 13 tahun lalu yang bertujuan untuk menyediakan makanan, di antaranya untuk berbuka puasa bagi warga sekitar yang kurang mampu, seperti buruh, tukang becak, pedagang asongan atau tukang parkir, dengan harga yang sangat murah.

Untuk setiap porsi menunya dijuai dengan harga Rp 2.500. Karena itu, dulunya warung tersebut dinamai warung murah. Namun atas saran dari Romo Kepala Paroki Gereja Santo Yusuf Jember, namaya diganti menjadi Warung Kasih.

Warung Murah Untuk Buka Puasa Ini Dikelola Oleh Umat Katolik

“Namun atas saran dari Romo Kepala Paroki Gereja Santo Yusuf, Jember, progam tersebut diubah namanya menjadi Warung Kasih. Karena memang tujuannya untuk menyebar cinta kasih,” ucap Tuti Suparmin.

Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Jember KH Abdul Muis juga turut hadir dalam acara tersebut dan mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh para wanita Katolik di Jember.

“Ini adalah langkah kongkret kebersamaan dalam kebhinekaan. Semoga ini bisa menginspirasi kita semua untuk rukun dan bersatu sebagai sesama warga negara Indonesia, apapun latar belakang agamanya,” ujar Abdul Muis.
(samsul arifin – harianindo.com)