Home > Ragam Berita > Ekonomi > Diduga Ada Korupsi Pembelian Pesawat Airbus A350, Garuda Terbelit Utang Triliunan Rupiah

Diduga Ada Korupsi Pembelian Pesawat Airbus A350, Garuda Terbelit Utang Triliunan Rupiah

Jakarta – Mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman RI, Rizal Ramli, menyebutkan ada indikasi korupsi dalam pembelian sejumlah pesawat Airbus A350 sehingga mengakibatkan Garuda Indonesia kini harus dibelit utang hingga triliunan rupiah.

Diduga Ada Korupsi Pembelian Pesawat Airbus A350, Garuda Terbelit Utang Triliunan Rupiah

“Jadi banyak permainan duit,” kata Rizal di Jakarta, Kamis (15/6/17).

Menurut Rizal, seharusnya Garuda Indonesia merupakan maskapai yang cukup disegani di dunia karena memiliki kualitas service premium setara dengan perusahaan penerbangan dunia.

“Tapi ini jadi tertutup karena kesalahan di masa lalu yang terlalu jor- joran dalam membeli pesawat baru yang tidak tepat. Di dalam pembelian pesawat ada sogok menyogok, ada KKN, pemahalan sehingga akibatnya Garuda Indonesia dikubangi utang besar triliunan rupiah,” ungkapnya.

Rizal juga meminta agar para komisaris dan manajemen Garuda Indonesia untuk berani mengungkapkan fakta tanpa ada kepentingan pribadi.

“Saya meminta komisaris dan manajemen berani menyatakan kebenaran sesuai fakta yang ada,” ujarnya.

Rizal mengaku sempat mengungkapkan hal itu namun beberapa pihak menentang pernyataan kerasnya meskipun apa yang ia sampaikan sudah berdasarkan analisa.

“Semua yang kita sampaikan itu rasional, telah melalui evaluasi dan analitikal. Dulu saya ngomong begitu banyak yang protes tapi hampir semua yang kami katakan terbukti karena saya tidak asal bicara,” tambahnya.

Seperti diketahui, pada laporan keuangan kuartal I 2017 Garuda Indonesia mencatatkan kerugian sebesar USD 98,5 juta atau sekitar Rp 1,31 triliun. Padahal pada kuartal I 2016, Garuda justru untung USD 1,02 juta.

Karena itu, Rizal kemudian menyarankan agar Garuda me-reschedule pembelian pesawat atau dijual ke pihak ketiga.

“Jadi Garuda Indonesia fokus saja untuk meningkatkan pendapatan dari penerbangan domestik dan regional. Garuda juga akan lebih tepat jika membeli pesawat Airbus 330 yang lebih efisien,” kata Rizal.
(samsul arifin – www.harianindo.com)

x

Check Also

Warga Singapura Ramai-ramai Tolak Presiden Halimah Yacob

Warga Singapura Ramai-ramai Tolak Presiden Halimah Yacob

Singapura – Halimah Yacob kini telah secara resmi menjabat sebagai Presiden Singapura usai pelantikannya pada ...