Lampung ā€“ Pada H-1 Hari Raya Idul Fitri, ribuan pemudik dari Pelabuhan Merak, Banten, mulai memasuki Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, untuk kemudian menuju berbagai daerah di Pulau Sumatera.

Info Mudik 2017: Pada H-1 Pelabuhan Bakauheni Mulai Dipadati Pemudik dari Merak

Pemudik mulai berdatangan pada Sabtu (24/6/2017) pukul 02.00 WIB hingga menjelang pukul 06.00 WIB. Pemudik pejalan kaki kemudian melanjutkan perjalanan mereka dengan menggunakan bus atau travel di terminal pelabuhan.

Bagi pemudik yang tiba pada dinihari lebih memilih beristirahat sejenak di pelabuhan untuk kemudian melanjutkan perjalanan mereka pada subuh atau pagi hari.

Menurut pantauan HarianIndo, puluhan petugas dari Satpol PP, polisi, dan TNI , terlihat bertugas mengawasi dan memeriksa barang bawaaan penumpang, baik yang datang maupun yang pergi.

Menurut data dari PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP), sebanyak 173.775 orang telah diberangkatkan dari Pelabuhan Merak Banten ke Pelabuhan Bakauheni Lampung pada Kamis (22/6/2017) atau H-3.

“Data yang kami terima dari PT ASDP Cabang Merak pada H-3 Lebaran 2017, sebanyak 173.775 penumpang menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni dari Pelabuhan Merak,” kata Manager Operasional PT ASDP Cabang Bakauheni, Sugeng Purwono.

Sedangkan banyaknya kendaraan yang datang ke Pelabuhan Bakauheni pada H-3 yakni 21.263 unit sepeda motor, dan 18.107 unit mobil.
(samsul arifin ā€“ harianindo.com)