Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Inilah 5 Dampak Buruk Kebiasaan Menggigit Kuku

Inilah 5 Dampak Buruk Kebiasaan Menggigit Kuku

Jakarta – Tidak sedikit orang yang mempunyai kebiasaan menggigiti kuku ketika merasa cemas. Padahal, kebiasaan kurang bersih tersebut dapat berdampak buruk pada kesehatan.

Inilah 5 Dampak Buruk Kebiasaan Menggigit Kuku

Menggigit Kuku

Apa sajakah? Berikut ulasannya seperti dilansir dari metrotvnews.com, Kamis (29/6/2017):

1. Peradangan Jari

Komposisis air liur dapat menyebabkan kulit jari mengalami peradangan dan kerusakan jika terus-menerus dimasukkan ke dalam mulut.

2. Kelainan bentuk kuku

Menggigiti kuku dapat merusak lapisan degeneratif yang disebut matriks sehingga menyebabkan kelainan bentuk kuku atau kuku tumbuh ke dalam.

3. Infeksi kuku

Ketika Anda menggigit potongan besar kuku, maka bakteri dan patogen akan muncul ke dalam mulut. Hal tersebut dapat menyebabkan infeksi, salah satunya paronychia yang membuat kuku menjadi bengkak, nyeri, kemerahan, dan bernanah.

4. Virus perut

Berbagai kuman yang menempel pada perut akan masuk ke dalam tubuh melalui mulut. Akibatnya, Anda akan mengalami berbagai penyakit dari pilek biasa hingga infeksi perut.

Baca juga: Tunda Menopause dengan Konsumsi Lebih Banyak Protein

5. Gigi bengkok

Penggigitan kuku yang kronik dapat mengganggu penghubung yang menahan akar gigi sehingga membuat gigi menjadi bengkok. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Orthodontics and Dentofacial Orthopedics mengungkapkan bahwa kebiasaan tersebut juga dapat menyebabkan gingivitis atau peradangan gusi. (Yayan – www.harianindo.com)

x

Check Also

New York Larang Penggunaan Rokok Elektrik di Ruang Publik, Bagaimana Indonesia?

New York Larang Penggunaan Rokok Elektrik di Ruang Publik, Bagaimana Indonesia?

Jakarta – Pemerintah kota New York akhirnya menerapkan aturan tegas terhadap penggunaan vape atau rokok ...